Info Terbaru

Mengapa Matahari Terbit Dan Terbenam Berwarna Merah?

Posted by On February 14, 2016

Mengapa Matahari Terbit Dan Terbenam Berwarna Merah
Mengapa matahari terbit dan terbenam berwarna merah? Kali ini, situs berita madrasah dan pendidikan berbagi pengetahuan tentang matahari. Bagi banyak kalangan, proses terbit dan terbenamnya Matahari dianggap sebagai sebuah peristiwa alam yang sangat indah. Mereka menikmati momen terbit dan terbenamnya matahari bersama orang-orang terkasih. Bahkan tidak sedikit yang sengaja datang ke suatu tempat tertentu seperi naik gunung dan ke pantai sekedar untuk menikmati momen tersebut. Tapi, tahukah Anda, mengapa proses alam tersebut berwarna merah?

Sebab Matahari berwarna merah ketika terbit dan terbenam

Pernahkah Anda berpikir apa sebabnya? Ketika matahari terbit maupun terbenam, ternyata sinar matahari melakukan perjalanan yang lebih panjang jika dibandingkan dengan waktu yang lain seperti di siang hari. Hal ini disebabkan jarak antara manusia dan matahari pada saat terbit serta terbenam lebih jauh dibandingkan waktu siang, seperti dikutip dari howitworksdaily, Kamis (11/2/2016).

Suatu fenomena alam yang bernama hamburan Rayleigh mempunyai peran besar untuk terjadinya fenomena tersebut. Adanya fenomena itu menimbulkan cahaya matahari memantul ke partikel kecil di atmosfer dan kemudian berhamburan ke segala penjuru arah.

Perlu Anda tahu bahwa sinar Matahari terdiri atas berbagai macam warna. Salah satunya adalah warna merah yang memiliki gelombang terpanjang jika dibandingkan dengan semua warna lainnya. Warna sinar yang dapat mencapai manusia adalah warna yang memiliki gelombang sinar lebih panjang yaitu merah.

Beberapa warna seperti merah, jingga, dan kuning bisa sampai ke mata manusia tanpa harus berhamburan di angkasa. Warna-warna tersebutlah yang menjadi sebab kenapa matahari tampak merah pada kedua waktu tersebut.

Demikian informasi tentang Mengapa Matahari terbit dan terbenam berwarna merah? dari situs berita madrasah, pendidikan dan Kemenag. Lanjutkan membaca : Mengapa Perbuatan Zina Semakin Meningkat?, 2 Solusi Kemenpan RB Soal Guru Honorer, dan LARANGAN PUNGUTAN PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK).

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »