Info Terbaru

Download Infografis UN 2016

Posted by On March 04, 2016

Infografis UN 2016 memuat beberapa hal penting terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional. Diterbitkan
oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bentuk grafis (gambar dan tulis).

Ujian nasional mempunyai manfaat:
  1. Pemetaan mutu program pendidikan dan atau satuan pendidikan
  2. Pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya
  3. Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan
  4. Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan hasil UN untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah
Kisi-kisi Ujian Nasional 2015/2016 disusun berdasarkan kriteria kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku pada lingkup materi yang sama (irisan materi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013)

Kisi-kisi Ujian Nasional memuat cakupan materi dan level kognitif untuk setiap mata pelajaran, jenjang, dan jenis pendidikan.

Kisi-kisi Ujian Nasional dikembangkan oleh pakar materi dari perguruan tinggi dan guru berpengalaman di bawah koordinasi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud.

Materi yang diujikan dalam Ujian Nasional adalah materi yang diajarkan pada kurikulum yang berlaku berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2006 (KTSP) dan Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 (K13). Sebagai contoh, pada mata pelajaran Fisika misalnya, terdapat 90% materi yang sama dari kedua kurikulum tersebut dan 10% yang berbeda. Maka materi yang dujikan dalam UN adalah materi yang sama (90%) sedangkan materi yang berbeda (10%) diujikan melalui ujian satuan pendidikan.

Lebih lengkapnya, silahkan baca Info Grafisnya:


Atau unduh di link ini:
Download Infografis UN 2016

Demikian info tentang Download Infografis UN 2016 dari situs Berita Madrasah, Pendidikan, dan Kemenag.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »