Info Terbaru

Hal-Hal Unik di Balik Tahun Kabisat (1)

Posted by On March 04, 2016

Hal-Hal Unik di Balik Tahun Kabisat
Hal-Hal Unik di Balik Tahun Kabisat | Februari tahun 2016 ini mempunayai hari ke-29. Dan hari ke-29 di bulan Februari hanya berulang setiap empat tahun sekali atau biasa disebut dengan tahun kabisat berdasarkan perhitungan kalender matahari.

Di Tahun kabisat jumlah hari dalam setahun tidak lagi 365 hari, melainkan 366 hari. Angka 366 hari tidak persis, tetapi merupakan hasil pembulatan.

Ada hal-hal unik yang terdapat di tahun kabisat ini. Apa saja itu? ayo simak tulisan ini secara berseri:

1. Tinjauan Astronomi

Bumi memerlukan waktu 365,24 hari untuk secara penuh mengorbit mengitari matahari dalam setahun. Tapi ada satu hari tambahan dalam sistem kalender Gregorian digunakan saat ini. 1 hari ekstra itulah yang jadi tahun kabisat.

2. Secara Teori ada Setiap 4 Tahun Sekali

Walau muncul setiap empat tahun sekali, tetapi tidak selalu tahun yang habis dibagi empat adalah tahun kabisat. Contoh, tahun 2000 merupakan tahun kabisat.

Namun, tahun 1700, 1800 dan 1900 bukan termasuk tahun kabisat. Artinya tahun yang habis dibagi 100 tapi tidak habis dibagi 400 bukanlah termasuk tahun kabisat. Hal ini merupakan solusi bagi sistem kalender Gregorian yang banyak digunakan saat ini.

3. Kisah Kaisar Julius dan Paus

Sebelum Julius Caesar memerintah di Romawi, masyarakat mengacu pada kalender yang setahun jumlah harinya hanya 355. Sehingga dalam satu tahun kalender, masyarakat menambahkan 22 hari di setiap dua tahun sekali.

Untuk memudahkan, Julius Caesar memerintahkan Sosogenes membuat sistem pananggalan baru yang sudah memasukkan angka pembulatan sebagai kompensasi tambahan jam dalam setahun. Akhirnya, jam ekstra itu ditambahkan menjadi satu hari di bulan Februari.

Dan Paus Gregorius XIII serta ahli astronominya menyempurnakan sistem penanggalan Kaisar Julius. Dari situlah terungkap bahwa jumlah hari dalam setahun ternyata tidak tepat 365,25 hari. Akhirnya pada 1582, dimulailah sistem penanggalan Grogorian.

Dan sistem kalender tersebut pun belum sempurna. Jalan keluarnya adalah menghilangkan tiga hari tahun kabisat setiap 400 tahun.

Silahkan lanjut ke : Hal-Hal Unik di Balik Tahun Kabisat 1, 2, 3.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »