Info Terbaru

Hal-Hal Unik di Balik Tahun Kabisat (2)

Posted by On March 04, 2016


Hal-Hal Unik di Balik Tahun Kabisat

Lanjutan hal-hal unik di balik tahun Kabisat, dan ada apa saja? dapat Anda baca sebagai berikut:

4. Mengapa Februari hanya punya 28 hari?
 
Di era kekuasaan Kaisar Julius di Roma, bulan Februari berjumlah 30 hari dan Agustus hanya 29 hari.  Juli yang diambil dari nama kaisar  memiliki 31 hari.

Ketika Kaisar Agustus naik takhta menggantikan Julius Caesar berang. Ia tak mau bulan Agustus hanya terdiri dari 29 hari.

Maka ditambahlah jumlah hari di bulan Agustus menjadi 31 hari agar sama dengan Juli.  Sehingga jumlah hari di bulannya dikurangi. Dipilihlah jumlah hari di Februari untuk dikurangi. Disebabkan sikap iri Kaisar Agustus inilah maka Februari sampai sekarang hanya memiliki 28 hari.

5. 29 Februari Jadi Hari Kaum Wanita Bisa Melamar Pria
 
Adalah hari seorang perempuan dapat melamar pria. Ada cerita popular yang muncul dari abad kelima. Ada seorang biarawati di Irlandia bernama St Bridget berkeluh kesah kepada St Patrick. Ia mengeluhkan mengapa kaum perempuan harus menunggu telalu lama untuk dilamar seorang pria.  Atas dasar keluhan inilah maka St Patrick mengeluarkan dekrit bahwa kaum perempuan dapat melamar pria pujaannya pada 29 Februari.

6. Bagaimana jika lahir pada 29 Februari?
 
Mau tahu peluang seorang bayi lahir tanggal 29 Februari? Peluangnya adalah 1 berbanding 1461. Persoalan ulang tahun ketika di luar tahun kabisat, orang-orang yang lahir pada 29 Februari dapat memilih untuk merayakannya pada 28 Februari atau 1 Maret, atau menunggu 4 tahun sekali.

7. Ada berapa orang yang terlahir di tahun kabisat?
 
Diperkirakan ada 4,1 juta orang yang terlahir pada 29 Februari. Dan ada beberapa tokoh yang terlahir pada 29 Februari. Sebut saja Paus Paulus III yang terlahir pada 1468, sastrawan Inggris, John Byron yang terlahir tahun 1692, serta komposer musik Italia, Gio Gioachino Rossini  yang terlahir 1960.

Silahkan lanjut ke : Hal-Hal Unik di Balik Tahun Kabisat 1, 2, 3

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »