Info Terbaru

Ini Cara Efektif Tangkal Radikalisme

Posted by On March 30, 2016

Ini Cara Efektif Tangkal Radikalisme

Ini Cara Efektif Tangkal Radikalisme. Pendidikan agama yang baik adalah sarana efektif dalam usaha menangkal radikalisme. Pendidikan agama juga merupakan proses terbaik dalam menanamkan nilai-nilai kesantunan, kedamaian, dan juga  bela negara serta kecintaan terhadap Tanah Air.

Pandangan tersebut diutarakan oleh Kabalitbang-Diklat, Abd. Rahman Mas’ud, ketika menjadi narasumber  pada Seminar Nasional Kurikulum Pertahanan dan Bela Negara di Universitas Pertahanan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan RI, Selasa (29/03).

Lahirnya benih-benih kekerasan dan radikalisme dengan motif agama bermula dari pemahaman keagamaan yang berciri literal-skriptural serta cenderung eksklusif. Pemahamaan model tersebut cenderung menggiring penganutnya menjadi tidak toleran terhadap berbagai perbedaan dan kemajemukan. Padahal, sejak dulu Indonesia merupakan negara majemuk dan masyarakatnya sangat toleran.

  Baca juga : Pendaftaran PBSB 2016 Resmi Dibuka

Mengembangkan pendidikan agama yang moderat, rasional, santun, dan berorientasi pada kesadaran bela negara merupakan langkah konkret yang harus dilakukan dalam rangka kontra-radikalime. Pesantren dengan banyak macamnya adalah lembaga kegamaan yang bisa menjadi basis utama dalam menumbuhkembangkan watak bela negara dengan menomorsatukan pembentukan pola pikir berbangsa serta memperkuat ideologi Pancasila. Doktrin hubbul watan minal iman: cinta bangsa merupakan bagian dari iman telah sangat mengakar kuat dalam mainstream pesantren.

  Baca juga : Kurikulum Baru, Cara Mengajar Kuno

Selain masalah moderatisme dan kesantunan, mengkaitkan pendidikan agama dan bela negara dengan common issues yang lebih menyentuh kebutuhan dasar manusia juga sangat penting. Isu-isu strategis seperti kesejateraan ekonomi, kesehatan, kesetaraan gender atau gender equity, dan kepemerintahan yang baik atau good governance, perlu dihubungkan dengan pendidikan agama dan bela negara.  Dengan begitu maka akan lebih kontekstual. Rembug bersama para pemimpin agama tentang permasalahan sosial terlebih tentang toleransi dan penghargaan perbedaan menjadi sesuatu yang penting.

  Baca juga : Dua Siswi MAN IC Ikut Intel ISEF 2016

Anda baru saja membaca Ini Cara Efektif Tangkal Radikalisme dengan Pendidikan dari Berita Madrasah.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »