Info Terbaru

Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional (UNKP/UNBK)

Posted by On April 01, 2017

Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional berbasis kerta pensil (UNKP) dan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK)

Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional berbasis kertas pensil (UNKP) dan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK)

Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SLTA hingga sekolah dasarTahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan antara bulan April hingga Mei. Terkait dengan UN ini, info madrasah memberikan Tips islami untuk para siswa. Tips ini perlu diberikan agar para siswa di semua jenjang pendidikan yang mengikuti UN sukses dengan izin Allah.

Semua pasti telah mengadakan persiapan dan mengambil langkah-langkah cerdas yang dibutuhkan agar berhasil. Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional berbasis kertas pensil (UNKP) dan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) inipun mempunyai tujuan sama, yaitu dalam rangka menghadapi UN --meskipun sukses pendidikan tidak cukup hanya diukur dari tingkat kelulusan UN. Madrasah ataupun sekolah dan juga para siswa sudah berusaha dengan baik demi tujuan dan target yang hendak dicapai.

Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional berbasis kertas pensil (UNKP) dan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) yang disajikan Info Madrasah ini mudah-mudahan bermanfaat serta bisa menjadi bagian dari tips sukses dan persiapan menghadapi UN yang selanjutnya menjadi bagian dari keberhasil para siswa secara menyeluruh.

Persiapan adalah satu hal penting dalam usaha meraih kesuksesan, apalagi waktu pelaksanaan UN sebentar lagi. Keberhasilan selalu dimulai dengan kerja keras (juga cerdas) serta persiapan yang baik. Dalam kitab Mausu’aturradd ‘alal madzaahibil fikriyah al-mu’ashirah karya Ali Bin Naif as-Syahudi disebutkan :

فَمَنْ كَانَ لَدَيْهِ الْقُدْرَةِ وَالْاِسْتِعْدَادِ لِلْعَمَلِ سَوْفَ يَنْجَحْ

“siapapun yang memiliki kemampuan dan persiapan yang baik untuk melakukan sesuatu, maka dia akan sukses”

Tips Islami ini diawali dengan memberikan pertanyaan : “siapakah yang paling berjasa dalam hidup mu?” Mungkin ada yang bertanya, apa kaitan pertanyaan tersebut dengan tips sukses menghadapi UN. Jawaban yang muncul dari pertanyaan diatas akan menentukan langkah selanjutnya demi sukses UNKP dan UNBK.

Tanpa mereduksi peran pihak lain dalam keberhasilan seseorng, menurut Info Madrasah, yang paling berperan dalam kehidupan setiap siswa adalah Allah, orang tua dan guru.

Baca juga: Syarat dan Cara Mendapatkan NPK bagi Guru Madrasah di Kemenag

Allah tempat berharap, tempat memohon, Pengatur kehidupan manusia, penentu keberhasilan dan kegagalan, perubah nasib manusia. Sedang orang tua berjasa besar dalam proses kehidupan manusia, mulai dalam kandungan sampai dewasa. Posisi mereka sangat tinggi dalam pandangan Allah. Karena kedudukan yang tinggi tersebut, Allah memerintahkan setiap anak berterima kasih kepada orang tua setelah kepada Allah. Ridho dan murka Allah kepada setiap anak manusia juga sangat ditentukan oleh ridho dan murka kedua orang tua.

Adapun guru merupakan orang yang sangat sabar, telaten, gemati, serta penuh tanggung jawab mendidik para siswa dalam proses pendidikan. Mereka mendedikasikan semuanya demi keberhasilan pendidikan para siswa.

Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional (UNKP/UNBK)

Setelah memahami pihak yang paling berperan dan berjasa dalam sukses kita, marilah kita berdiskusi tentang tips islami menghadapi ujian nasional. Agar sukses dalam UN, maka satu hal yang harus dikerjakan : perlakukan mereka yang berjasa besar dalam kehidupan dengan seharusnya! Tips islami dalam menghadapi UN dalam blog ini adalah bagaimana memperlakukan siapapun dengan seharusnya yang mempunyai jasa dan peran dalam kehidupan kita.

Tips islami menghadapi ujian nasional : agar sukses dalam Ujian Nasional (UN),

kepada Allah para siswa harus:
  1. Beribadah dengan sungguh-sungguh : memperbanyak shalat sunnah, puasa sunnah, dsb
  2. Memuji Allah dengan ikhlas
  3. Berdoa dengan khusu’ dan penuh harap
  4. Banyak berbuat kebaikan di dunia, termasuk banyak bersodaqah untuk mencari ridho Allah
  5. Bertawakkal setelah berusaha dengan baik.
Catatan : dalam berdoa gunakanlah waktu-waktu yang baik. Contohnya ketika selesai shalat dan sepertiga malam yang terakhir selesai menjalankan shalat tahajud. Sepertiga malam yang terakhir (antara jam 02.00 hingga menjelang subuh) merupakan waktu terbaik untuk berdoa.

Tips islami menghadapi ujian nasional :  supaya berhasil dalam Ujian Nasional (UN),

kepada orang tua siswa harus :

Mendapatkan ridho mereka. Artinya, para siswa tidak melakukan hal-hal yang membuat orang tua marah dan mengutuk. Ingat, kutukan yang keluar dari mulut ibu dianggap Allah sebagai permintaan dan sangat dikabulkan Allah. Maka hal-hal positif harus dilakukan demi membuat orang tua bangga, bahagia serta ridho.

Ridho kedua orang tua didapatkan dengan :
  1. birrul walidain atau berbuat baik kepada keduanya
  2. tidak durhaka kepada mereka
  3. Mentaati setiap perintahnya
  4. Sesegera mungkin minta maaf atas semua kesalahan
  5. Memohon untuk dido’akan
Catatan : ucapan orang tua (terlebih ibu) kepada anak-anaknya dikategorikan sebagai doa oleh Allah dan dikabulkan oleh-Nya.
رِضَى اللهِ فِي رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسَخَطُ اللهِ فِي سَخَطِ الْوَالِدَيْنِ

“Ridho Allah tergantung kepada ridho kedua orang tua dan murka Allah juga tergantung kepada murka kedua orang tua” (HR. Tirmidzi dari Abdullah bin Amr)

Tips islami menghadapi ujian nasional : agar berhasil dalam Ujian Nasional (UN),

kepada guru siswa harus:
  1. Menghormati dan menghargai dengan semstinya
  2. Mentaati setiap perintah yang diberkan
  3. Melaksanakan tugas yang diberikan
  4. Tetap menjadikannya sebagai guru dimanapun dan kapanpun
  5. Segeralah minta maaf atas kesalahan yang su dilakukan

Tips islami menghadapi ujian nasional : Peran diri sendiri

Tips islami menghadapi ujian nasional terkait juga dengan diri sendiri dalam keberhasilan UN. Hal-hal yang penting untuk dikerjakan agar sukses dalam ujian nasional (UN) di antaranya :
  1. Kerja dengan keras dan cerdas
  2. Bersungguh-sungguh
  3. Pantang menyerah dalam berusaha
  4. Menentukan target yang hendak dicapai
  5. Tidak suka mengeluh
  6. Menjauhi kemalasan
  7. Selalu Berdo’a
Disebutkan aalam sebuah pepatah berbahasa Arab :
مَنْ جَدَّ وَجَدَ

“siapa yang giat, sungguh-sungguh (kerja keras dan cerdas) dia yang dapat”

Demikian Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional berbasis kertas pensil (UNKP) dan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) versi Info Madrasah.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »