Info Terbaru

Agenda Pembaruan Data Madrasah Di Tahun Pelajaran 2017/2018

Posted by On August 03, 2017

Agenda Pembaruan Data Madrasah Di Tahun Pelajaran 2017/2018

Agenda updating data madrasah di tahun pelajaran Baru | Info Madrasah - Tahun Pelajaran baru telah dimulai. Saatnya operator madrasah/sekolah memulai aktifitas pengisian data, baik administrasi maupun data online madrasah.

Operator madrasah jangan sampai lupa proses updating data tersebut. Di madrasah ada 2 aplikasi pokok yang harus diperhatikan updating datanya, yaitu EMIS dan SIPATIKA.

Berikut ini merupakan penjelasan singkat cara pengerjaan dan langkah-langkah kedua aplikasi tersebut. Penjelasan ini sekedar sebagai pengingat kembali para operator madrasah.

Prosedur updating data Emis dan Simpatika

Berikut ini adalah penjelasan singkat proses update data Emis dan Simpatika:

1. EMIS

Education Management Information System (Emis), merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh Kementerian Agama dengan tujuan untuk mempermudah input data madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam. Dengan sistem ini madrasah menjadi lebih mudah dalam melaporkan perkembangannya.

Sistem lama cukup sulit untuk diketahui perkembangan dan data mutakhir madrasah-madrasah di seluruh indonesia. Dengan EMIS lebih mudah dalam menemukan data valid tentang madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi di Indonesia.

Beberapa langkah updating data EMIS diantaranya:

  1. Mengisi Form Excel EMIS yang tertiri dari 4 file yang meliputi Lembaga, Siswa, PTK, dan Lulusan.
  2. Mmengisi data pada Aplikasi EMIS versi desktop. Isilah data yang diperlukan pada kolom-kolom yang tersedia. Lanjutkan dengan mengupload semua form excel yang sudah diisi. Jika selesai lanjutkan dengan membuat file backup. File backup inilah yang nanti diupload secara online.
  3. Lakukan proses upload EMIS Online. Tahap ini disesuaikan dengan jadwal masing-masing kabupaten/kota sesuai rilis tim EMIS Pusat.

Baca juga: Hari Senin Wajib Nyanyikan Indonesia Raya Tiga Stanza

2. Simpatika

SIMPATIKA merupakan lanjutan dari PADAMU NEGERI yang dibangun dengan menyesuaikan kebutuhan Kemenag. Beberapa langkah di SIMPATIKA sama dengan prosedur yang ada di PADAMU NGERI.

Fitur-fitur di SIMPATIKA banyak sekali dan komplek sehingga prosesnya sedikit rumit. Simpatika selalu update fiturnya untuk menyesuaikan perkembangan kebutuhan data.

Dalam SIMPATIKA terdapat form untuk pribadi dan untuk Madrasah. Berikut penjelasannya:

a. SIMPATIKA untuk Pribadi

Berikut ini adalah prosedur yang harus dilakukan oleh guru madrasah pada simpatika:

  1. Aktifasi akun pada setiap semesternya dan mencetak kartu PTK Simpatika
  2. Updating data jika masih terdapat kesalahan seperti informasi pribadi, riwayat mengajar, dan data lainya.
  3. Updating data sertifikasi. Tentu saja tahap ini khusus guru yang sudah sertifikasi. Ada beberapa hal yang harus diisi dan dikerjakan oleh guru yang sudah sertifikasi, diantaranya adalah cetak SKBK online.
Baca juga: Kemenag Segera Laksanakan Uji Coba PPKB-GPAI Tahun 2017
b. SIMPATIKA untuk madrasah

Operator Madrasah harus mengerjakan beberapa fitur yang ada untuk updating daya yang diperlukan pada setiap semesternya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Updating data informasi madrasah jika ada data baru yang harus diinput.
  2. Entri data siswa baru pada fitur siswa. Selain entri data tersebut, operator juga harus mengelompokkan siswa pada kelas yang sudah dibuat pada SIMPATIKA sebelumnya.
  3. Entri data jadwal mingguan pada fitur jadwal. Entri jadwal ini memberikan dampak pada keaktifan semua PTK madrasah.

Proses updating data madrasah yang tercantum pada posting ini hanyalah sebagian kecil. Masih banyak hal lain yang perlu diupdate. Intinya, operator madrasah dan juga PTK harus melakukan updating data dengan sungguh-sungguh, valid dan bertanggung jawab.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »