Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2016

Jadwal Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2016 Kementerian Agama (Kemenag) akan dibuka pada bulan Maret.

Program Beasiswa Santri Berpestasi (PBSB) sudah berlangsung sejak 2006. Dan Tahun 2016 pendaftarannya akan segera dibuka. Ditegskan oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Mohsen bahwa program tersebut akan terus dijalankan oleh Kemenag. Kenapa demikian, mengingat masyarakat menyambutnya dengan sangat positif.

Perbedaan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2016


Diteruskannya Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) menggunakan format dan sistem yang berbeda. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana jurusan yang disediakan terdiri jurusan umum dan keagamaan, maka untuk tahun 2016 ini dikhususkan hanya untuk jurusan umum. Dan untuk jurusan keagamaan (tafaqquh fiddin) akan dilaksanakan menggunakan format yang berbeda.

Pada tahun ini sistem pendaftaran dan ujian Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) menggunakan sistem online. Meski demikian, berkas pendaftar manual tetap harus dikirim ke Kantor Kementerian Agama Propinsi setempat. Berkas pendaftaran tersebut akan dijadikan acuan dalam memverikasi data pendaftar calon peserta seleksi PBSB.

Ujian dilakukan melalui sistem CBT (Computer-Based Test). Pelaksanaan ujian online direncanakan berbasis zona, yang meliputi Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Walau begitu, tidak tertutup kemungkinan pelaksanaan ujian akan dilaksanakan di banyak propinsi denga catatan Kanwil Kementerian Agama Propinsi mampu menyediakan fasilitas komputer lengkap dengan jaringan internet yang memadai.

Oleh karena itu, setiap Kanwil Kementerian Agama Propinsi (kemenag) yang sudah siap dengan sistem CBT untuk konfirmasi ke Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dibuka selama 20 hari pada awal Maret 2016 melalui website Direktorat PD Pontren di http://ditpdpontren.kemenag.go.id.

Tentang materi yang akan diujikan dalam seleksi PBSB tersebut tetap sama mengacu tahun lalu, yaitu IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), TBS (Test Bakat Skolastik), Bahasa Inggris dan Kepesantrenan.

Demikian informasi tentang Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2016. Jangan lupa untuk membaca juga: Tugas Humas Dalam Mengelola Krisis, 4 Penyebab Guru Gaptek, dan Mengapa Matahari Terbit Dan Terbenam Berwarna Merah?.

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments