Hal-Hal Unik di Balik Tahun Kabisat (3)

Lanjutan hal-hal unik di balik tahun Kabisat, dan ada apa saja? dapat Anda baca sebagai berikut:

8. Olimpiade, Penyakit Langka dan Perkawinan

Olimpiade musim panas selalu dihelat pada tahun kabisat. Dan olimpiade yang akan datang bakal  digelar pada Agustus di Rio de Janeiro, Brasil.

Ada hal menarik dari tahun kabisat, yaitu tanggal 29 Februari dijadikan Hari Penyakit Langka. Pertama kali dicanangkan yaitu pada 2008.

Di Yunani ada keyakinan pantang bagi pasangan untuk menikah pada 29 Februari. Bagi mereka ada hal-hal sial dengan pernikahan yang dilaksanakan pada tanggal 29 Februari.

Berbeda dengan Yunani, sebuah kota di Amerika Serikat bernama Anthony justru sebaliknya. Mereka memproklamirkan diri sebagai ibu kota tahun kabisat di dunia. Mereka menggelar perayaan tahun kabisat setiap empat tahun sekali.

9. Penggunaan Tahun Kabisat di Luar Sistem Penanggalan Gregorian

Sistem penanggalan moderen Iran mengenal tahun kabisat. Ada delapan hari sebagai pembulatan setiap 33 tahun.

Demikian juga dengan kalender nasional India. Kalender tersebut mempunyai sistem lebih unik. Jumlah hari dalam enam bulan pertama (semester I) dalam setiap tahun terdiri dari 31 hari. Sedangkan jumlah hari di bulan-bulan semester kedua adalah 30 hari.
Silahkan lanjut ke : Hal-Hal Unik di Balik Tahun Kabisat 1, 2, 3.

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments