Ini lho... Sifat Unik Korona!

Korona, si Bintang Utama Gerhana Matahari Total mempunyai sifat unik. Bintang utama setiap terjadi GMT adalah korona. Dalam kondisi normal, sangat sulit mengamati korona matahari. Pada keadaan normal, peneliti matahari hanya dapat mengamati bagian fotosfer dimana Korona terletak di atas fotosfer.

Dalam ilmu astronomi, korona mempunyai sifat sangat unik. Bahkan masih menyimpan banyak misteri di dalamnya. Diantara misteri tersebut adalah, mengapa gelombang panas di korona mencapai hingga 1 juta - 2 juta derajat celcius. Sedangkan fotosfer yang lebih dekat kepada inti matahari, gelombang panasnya hanya sampai pada 6.000 derajat celcius. Untuk inti matahari, panasnya mencapai 15 juta derajat celcius.Logika sederhananya, semakin jauh dari inti matahari, maka panasnya turun. Tapi untuk kasus korona justru sebaliknya, ketika jauh dari inti matahari panasnya malah tinggi sekali.

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments