UN Berbasis Komputer: Sekolah Harus Bersiap Dengan Baik

Sekolah-sekolah yang menerapkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), diharuskan mempersiapkankan diri dengan baik. Sarana dan prasarana pendukung, terutama komputer jaringan harus tersedia memadai.

"Sekolah yang akan memakai sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK) harus memiliki kesiapan sarana dan prasarana," kata Kepala Bidang Analisis dan Sistem Penilaian, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Suprananto, Jumat (11/3).

Ditambahkan Suprananto, pelaksanaan UNBK di sekolah juga perlu persetujuan siswa. Jangan sampai terjadi sekolah ingin menjalankan UNBK, sedangkan siswa ingin sebaliknya yaitu memakai naskah soal.

Baca juga : Yuk Membuat Website Madrasah Gratis Dengan Mysch.id

Ditegaskannya juga bahwa sekolah tidak boleh membebani siswa dalam pelaksanaan UNBK. Dibutuhkan koordinasi antara sekolah dengan berbagai pihak terkait tentang pembagian sumber daya yang ada guna menunjang keberhasilan pelaksanaan UNBK.‎

‎"Sekolah-sekolah yang telah siap menyelenggarakan UNBK dapat langsung berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan kabupaten/kota. Kemudian segera proses verifikasi dilakukan,” tegas Suprananto.

Baca juga : Pedoman PPDB Madrasah Tahun 2016 - 2017

Jadwal penyelenggaraan UNBK berlangsung dari 4 sampai 12 April 2016. Pada tahun ini ada 1.063.382 siswa yang akan mengikuti UNBK yang tersebar di 34 provinsi dan 408 kabupaten/kota.

Demikian info tentang UN Berbasis Komputer: Sekolah Harus Bersiap Dengan Baik dari situs berita madrasah dan Kementerian Agama.

Baca juga : Penerimaan PTK MAN Insan Cendikia

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments