15 Games Berbahaya Bagi Anak Versi Kemdikbud

15 Games Berbahaya Bagi Anak Versi Kemdikbud. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis 15 game berisikan kekerasan dan berbahaya untuk anak-anak. Oleh karena itu, orang tua diminta agar untuk selalu mengawasi atau memantau kegiatan main game anak-anak mereka. 

15 game yang berbahaya bagi anak karena mengandung kekerasan ketidakpantasan tersebut adalah:
  1. Call of Duty
  2. Conflict Vietnam
  3. Carmageddon
  4. Counter Strike
  5. Shelshock
  6. Cross Fire
  7. Raising Force
  8. Mortal Combat
  9. World of Warcraft
  10. War Rock
  11. Bully
  12. Point Blank
  13. Atlantica
  14. Future Cop
  15. Grand Theft Auto (GTA).
Sesungguhnya pada cover game-game tersebut telah tercantum rating atau batas usia. Misalnya saja game GTA yang tertuang rating M yang berarti mature/17+. Artinya game yang berisi adegan perkelahian, balapan dan godaan wanita nakal tersebut hanya boleh dimainkan orang yang telah berusia lebih dari 17 tahun. Begitupun dengan game perang Call of Duty berkode rating M. Adapun game mistik World of Warcraft berkode rating T (teen/12+).

Mengingat bahaya dari dampak 15 Games tersebut, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD-Dikmas) Kemdikbud, Harris Iskandar, meminta kepada orang tua supaya mengawasi dan mendampingi anak-anaknya ketika main game.

“Saya akui hal itu susah. Saya sendiri memiliki anak SMA, juga sulit mengontrol main gamenya,’’ katanya, seperti dikutip dari Jawa Pos, Kamis (14/4).

tips untuk menangani anak-anak yang kecanduan game


Wahyu Farrah Dina, Direktur Indonesia Herritage Foundation (IHF), mengatakan bahwa terdapat banyak tips untuk menangani anak-anak yang terlanjur kecanduan game. Sebagai contoh, orang tua membuat sununan jadwal kegiatan sebagai pengganti main game. Olahraga dan seni dapat dijadikan alternatif.

Tips selanjutnya, secara bertahap menjauhkan konsol dan software game dari anak-anak. Letakkan konsol game di ruang terbuka, seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Jangan mengenalkan game ke anak-anak saat di bawah usia delapan tahun. Kecuali jika game tersebut merupakan edukatif.

Demikian info tentang 15 Games Berbahaya Bagi Anak Versi Kemdikbud dari Situs Pendidikan dan Berita Madrasah.

Baca juga :

  Daftar Kegiatan Menyambut Hardiknas
  SK Penetapan NRG 2015 Kemenag
  Download Juknis Penggunaan Dana Operasional Pendataan Pendidikan Islam

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments