8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 2)

8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 2). Sebelumnya telah diposting formasi huruf U untuk mengatur tempat duduk siswa. Berikutnya adalah Formasi Corak Tim dan Meja Konferensi.

2. Formasi Corak Tim

Guru mengelompokkan meja-meja setengah lingkaran di ruang kelas agar memungkinkan peserta didik untuk melakukan interaksi tim. Guru dapat meletakkan kursi-kursi mengelilingi meja-meja untuk susunan yang paling akrab. Jika hal ini dilakukan, beberapa peserta didik harus memutar kursi mereka melingkar menghadap ke depan ruang kelas untuk melihat guru, papan tulis atau layar.



Atau guru dapat meletakkan kursi-kursi setengah Iingkaran sehingga tidak ada peserta didik yang membelakangi papan tulis.

3. Meja Konferensi.

Formasi ini paling baik dilakukan jika meja berbentuk persegi panjang. Susunan ini dapat mengurangi peran penting peserta didik.



Jika guru duduk di tengah-tengah sisi yang luas, para peserta didik di ujung merasa tertutup seperti tampak pada gambar berikut:



Guru dapat membentuk sebuah susunan meja konferensi dengan menggabungkan beberapa meja kecil (di tengahnya biasanya kosong) seperti tampak pada gambar berikut:



Demikian info tentang 8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 2) yang berisi formasi atau pola Corak Tim dan Meja Konverensi

Bag. 1, 2, 3, 4

Baca juga :

8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 1)
  3 Upaya Optimalisasi Pengelolaan Zakat
  UN Itu Tentang Kejujuran, Bukan Kelulusan

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments