8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 4)

8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 4) berisi pola Tempat Kerja (Workstation), Pengelompokan Terpisah (Breakout groupings), dan sevron ( pola huruf V).

6. Pola Tempat Kerja (Workstation)

Susunan ini tepat untuk lingkungan tipe Iaboratorium, dimana setiap peserta didik duduk pada tempat untuk mengerjakan tugas (seperti mengoperasikan komputer, mesin, melakukan kerja laborat) tepat setelah didemonstrasikan. Tempat berhadapan mendorong patner belajar untuk menempatkan dua peserta didik pada tempat yang sama.



7. Pola Pengelompokan Terpisah (Breakout groupings)

Jika kelas cukup besar atau jika ruangan memungkinkan, guru dapat meletakkan meja-meja dan kursi dimana kelompok kecil dapat melakukan aktifitas belajar didasarkan pada tim. Guru dapat menempatkan susunan peoahan-pecahan kelompok saling berjauhan sehingga tim-tim itu tidak saling mengganggu. Tetapi hendaknya dihindari penempatan ruangan kelompok-kelompok kecil terlalu jauh dari ruang kelas, sehingga hubungan diantara peserta didik sulit dijaga.



8. Pola Chevron (huruf V)

Sebuah susunan ruang kelas tradisonal tidak memungkinkan untuk melakukan belajar aktif. Jika terdapat banyak peserta didik (tiga puluh atau lebih) dan hanya tersedia beberapa meja, barangkali guru perlu menyusun peserta didik dalam ruang kelas seperti huruf V. Susunan V mengurangi jarak antar peserta didik, pandangan lebih baik dan lebih memungkinkan untuk melihat peserta didik lain daripada harus lurus. Dalam susunan ini, tempat paling bagus ada pada pusat tanpa jalan tengah, seperti tampak pada gambar di bawah ini:



Demikian info pembelajaran tentang 8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 4) yang berisi pola Tempat Kerja (Workstation), Pengelompokan Terpisah (Breakout groupings), dan sevron ( pola huruf V).

Bag. 1, 2, 3, 4

Baca juga:

  Seleksi Calon Peserta PBTQ Tahun 2016.
  Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2017
  8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 3)

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments