Guru Wajib Ikuti Perkembangan Ilmu dan Teknologi

Guru Wajib dan harus Ikuti Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) | Info Madrasah - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menegaskan bahwa guru sebagai tenaga pendidik harus mengikuti perkembangan Iptek yang melaju dengan cepat. Dengan melek iptek guru bisa lebih mampu menguasai bahan pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didiknya.

"Tanpa mengikuti perkembangan Iptek, murid lebih pintar dari guru. Paking tidak guru harus menguasai bahan ajar dan harus fokus," ujar Jusuf Kalla dalam peresmian JK e-Panrita Centre di Makassar, sebagaimana dikutip dari Republika Jumat (28/7/2017).

Hal itu dikatakan Jusuf Kalla ketika meresmikan ruang JK e-Panrita Centre di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Ruang JK e-Panrita Centre adalah ruang kontrol fitur-fitur pendidikan berbasis teknologi. Diantaranya berupa E-Learning, video conference, E-Polling, absensi online, dan data kependidikan.

Baca juga: Ini Lho 4 Wakil Indonesia di WSDC 2017

Dengan adanya fasilitas ini, Jusuf Kalla berharap Makassar bisa menjadi pusat pendidikan di wilayah Indonesia timur. Aplikasi-aplikasi tersebut akan memudahkan para guru dalam mengajar dan mempersiapkan bahan pelajaran bagi peserta didik. Sistem aplikasi tersebut dibuat supaya pendidikan di Indonesia mempunyai kualitas yang tinggi. Kecuali itu, juga merupakan upaya untuk menghilangkan disparitas mutu pendidikan di Indonesia.

"Kualitas pendidikan di Jawa dan luar Jawa berbeda, oleh karenanya harus ditingkatkan mutunya. Sebab anak-anak ini otaknya sama, perbedaannya terletak pada bagaimana dia belajar dan diajar. Ini menjadi perhatian kita semua untuk meningkatkannya," kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla juga menyinggung bahwa saat ini kesejahteraan guru sudah lebih baik dibandingkan dengan pegawai negeri sipil yang lain. Kesejahteraan guru perlu diperhatikan mengingat perannya dalam pendidikan adalah paling fundamental.

Menurutnya, minat masyarakat saat ini untuk menjadi guru cukup tinggi sebab pemerintah sudah memberikan tunjangan yang lebih baik. Indikasinya adalah semakin banyaknya lulusan SLTA yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi fakultas kependidikan. Untuk menunjang itu, pemerintah juga sudah mengalokasikan 20 persen anggaran negara untuk pendidikan.

Baca juga: Karena Perintahkan Shalat, Guru Agama di Parepare Dipidana

"APBN saat ini sekitar Rp 2100 triliun dan lebih dari Rp 400 triliun-nya diperuntukkan bagi pendidikan," papar Jusuf Kalla.

Meningkat tunjangan guru diharapkan bisa diikuti dengan meningkatnya mutu guru, sehingga secara ekuifalen mampu memberikan kualitas pendidikan yang baik untuk anak didiknya. Oleh karenanya, Jusuf Kalla meminta supaya guru mempunyai inovasi yang tinggi dalam memberikan pengajaran kepada peserta didiknya.

Anda baru saja membaca Guru Wajib Ikuti Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (iptek) dari situs berita pendidikan dan info madrasah.

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments