kemenag-program-beasiwa-5000-doktor-dalam-negeri

Kemenag kembali buka program Beasiswa 5000 Doktor. Kementerian Agama kembali membuka seleksi penerima Program Beasiswa 5000 Doktor Dalam Negeri. Dan pendaftaran telah mulai dibuka pada awal Mei 2019 ini.

Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, Imam Safei, dalam Rakor Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Beasiswa Studi di Bogor, menyebutkan bahwa pendaftaran beasiswa program 5000 Doktor rencananya akan dibuka mulai 5 sampai 31 Mei 2019.

"Sesuai kesepakatan dengan mitra perguruan tinggi penyelenggara, pendaftaran akan dibuka 5 sampai 31 Mei," tuturnya, sebagaimana dikutip dari laman CNBC Indonesia, Sabtu (4/5/2019).

Terkait dengan program Beasiswa 5000 Doktor, Kemenang sudah menjalin kerja sama dengan 36 perguruan tinggi penyelenggara (PTP). Mereka terdiri atas 17 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan 19 Perguruan Tinggi Umum (PTU).

Baca juga: Cara Pengaturan Cuti PTK Di Simpatika

PTP PTKIN diantaranya adalah UIN Sunan Ampel, UIN Yogyakarta, UIN Semarang, dan UIN Bandung. Seangkan PTP dari PTU di antaranya ITS, UGM, dan Universitas Padjadjaran.

Imam Safei mennyampaikan bahwa acara koordinasi antara pihak Kemenag dengan PTP Mitra adalah sangat penting. Hal itu dikarenakan terkait dengan kelancaran dan juga output dari program 5000 Doktor Dalam Negeri.

"Rakor PTP Mitra dengan Kemenag tersebut harus diartikan sebagai pengabdian, sebab kita akan sibuk mengurusi banyak hal, diawali dari pendaftaran, seleksi administrasi, ujian tulis dan wawancara, pencairan anggaran, mengontrol studi sehingga tepat waktu, hingga sampai masalah komplain peserta penerima beasiswa," sambungnya.

Program 5000 Doktor Kementerian Agama (Kemenag) merupakan program unggulan Ditjen Pendidikan Islam yang dilaunching secara resmi untuk pertama kali oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2014.

Tujuan program Program 5000 Doktor Kementerian Agama adalah untuk meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam melalui pendidikan S3 di banyak perguruan tinggi berkualitas.

Sebelumnya telah dibuka pendaftaran program beasiswa 5000 Doktor Luar Negeri Kementerian Agama pada tanggal 15 Februari 2019 lalu.

Baca juga: Kemendikbud Rekrut Lagi 150 Ribu Guru Honorer Lewat PPPK Tahap Dua

Untuk memperoleh informasi yang jelas, Kemenag telah menyediakan situs yang bisa diakses oleh calon peserta program beasiswa 5000 doktor dalam negeri Kemenag yaitu:
  1. https://5000doktor.diktis.id/registration dan 
  2. https://5000doktor.diktis.id/petunjuk/informasi.pdf.
Demikian Berita Madrasah seputar Kementerian Agama - Kemenag kembali membuka seleksi penerima program Beasiswa 5000 Doktor dalam negeri.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya