Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab MI, MTs, MA Tahun 2019/2020. Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2019/2020 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab untuk jenjang MI, MTs, dan MA telah resmi dipublikasikan. Hal didasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 5794 Tahun 2019 tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020.

kisi-kisi-usbn-pai-dan-bahasa-arab-mi-mts-ma-2019-2020

Kisi-kisi soal USBN tersebut dimaksudkan sebagai acuan dalam pengembangan dan penyusunan soal USBN. Kecuali itu, juga untuk memenuhi kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Tak terkcuali pula kisi-kisi bermanfaat bagi siswa calon peserta USBN 2019 dalam mempersiapkan diri dalam mempelajari materi-materi ujian. Tentu saja dalam hal ini termasuk Kisi-kisi USBN PAI dan Bahasa Arab untuk madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA.

Dalam SK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mencakup kisi-kisi USBN untuk tiga jenjang madrasah sekaligus, yaitu:

Pertama, kisi-kisi USBN Madrasah Ibtidaiyah dengan yang meliputi mata pelajaran Bahasa Arab dan Akidah Akhlak.

Sedangkan mata pelajaran umum akan diterbitkan Kisi-Kisi Ujian Sekolah tersendiri Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 berdasarkan keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Kedua, Kisi-kisi USBN jenjang Madrasah Tsanawiyah. Mata pelajaran yang diujikan untuk jenjang MTs adalah Bahasa Arab dan Akidah Akhlak.

Ketiga, Kisi-kisi USBN untuk jenjang Madrasah Aliyah disesuaikan dngan peminatan yang ada, yaitu:

  • Bagi peminatan MIPA, IPS, Bahasa, Keagamaan mencakup mata pelajaran Bahasa Arab dan Akidah Akhlak
  • Sedangkan peminatan Keagamaan mata pelajaran mencakup Bahasa Arab, Akhlak, Fikih - Ushul Fikih, Hadis - Ilmu Hadis, Ilmu Kalam, dan Tafsir - Ilmu Tafsir.

Dan mata pelajaran yang tidak masuk mata uji USBN seperti Al Quran Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam akan dimasukkan dalam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN).

Baca juga: 17 Contoh Majas Alegori Yang Benar

Unduh Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab 2019/2020


Mendasarkan pada waktu penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang tidak lama lagi, maka menjadi penting bagi setiap madrasah dan peserta didik mempersiapkan diri. Dan persiapan itu bisa diawali dari memiliki Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020 tersebut.

Baca juga: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik

Untuk membantu madrasah dan siswa madrasah, Berita Madrasah membantu menyediakan kisi-kisi USBN PAI dan Bahasa Arab melalui link di bawah ini.

DownloadKisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020

Setelah memilikinya, silahkan Kisi-Kisi USBN PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2020 tersebut dikaji dan dipelajari. Hal itu perlu dilakukan sebagai langkah awal dan serius dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN 2019/2010.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya