Aplikasi EMIS Madrasah Versi 4.0

aplikasi-emis-madrasah-versi-4-0

Aplikasi EMIS Madrasah Versi 4.0 – Dari waktu ke waktu dan seiring berjalannya waktu, aplikasi Emis Madrasah terus berkembang dan mengalami berbagai perubahan serta peningkatan. Setiap guru, kepala madrasah, oerator madrasah pasti mengenal dengan baik aplikasi Emis Madrasah. Terlebih para operator madrasah, pasti mereka mengenal betul seluk beluk Aplikasi Kemenag untuk madrasah ini.

Banyak pengalaman telah dirasakan oleh para operator madrasah dalam menjalankan Aplikasi Emis Madrsah ini. Ada banyak cerita tentang suka ataupun duka dalam mengoperasikannya.

Meski sudah demikian lama, Aplikasi Emis Madrasah sampai saat ini masih dirasa banyak kelemahan. Emis belum memberikan solusi yang tepat terkait pendataan lembaga madrasah/RA. Tentu hal ini berbeda dengan Simpatika. Simpatika diakui sebagai aplikasi yang lancar dan sangat membantu dalam pendataan madrasah meski terkadang sedikit down.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa belum lama ini Kementerian Agama telah menyelenggarakan sayembara desain Logo Emis Madrasah. Desain Logo yang dinyatakan sebagai pemenang dianggap sudah sangat mewakili visi dan misi Emis Madrasah.

Direkomendasikan:  Agenda Pembaruan Data Madrasah Di Tahun Pelajaran 2017/2018

Sebelum saymebara desain logo Emis, ternyata Kemenag telah menyiapkan Aplikasi Emis Madrasah yang versi baru. Dan Emis tersebut diluncurkan sebagai Aplikasi Emis Madrasah Versi 4.0.

Sebagai test case, di awal Aplikasi Emis Madrasah versi 4.0 ini hanya bisa diakses oleh 1.000 madrasah pilihan saja, yaitu ketika launching pertama tanggal 25 Februai 2021. Dan saat ini, Emis Madrasah versi 4.0 sudahh bisa diakses semua madrasah dengan tetap menggunakan Username/Email dan Password yang biasa digunakan untuk login di aplikasi Emis versi sebelumnya.

Penampilan EMIS 4.0

Emis Madrasah 4.0 ini menggunakan desain UI atau User Interface cukup lembut dan baik. Pemilihan desain dan warna tidak jauh berbeda dengan Emis versi sebelumnya. Sedikit yang membedakan, pada Emis terbaru ini pengguna disuguhi warna yang lebih cerah yang terdiri dari warna utama putih dengan sedikit gradasi biru langit.

Direkomendasikan:  11 Cara Hapus Siswa Ganda di EMIS

Pada Emis Madrasah 4.0 ada tabahan panel informasi di beranda yaitu Panel “Konfirmasi Persetujuan“. Pertanyaannya, Apakah Emis nantinya akan seperti Simpatika yang harus mendapat persetujuan dari Lembaga dan Kemenag? Layak ditunggu perkembangan selanjutnya.

Fitur-Fitur dan Menu Apilkasi EMIS 4.0

Tentang fitur dari menu yang terdapat dalam Aplikasi Emis Madrasah versi 40 ini, admin Ini Madrasah belum bisa mengeksplorasi lebih dalam. Hal itu disebabkan ketika mencoba mengakses, fitur atau menu yang tersedia masih dibatasi. Hanya terdapat beberapa menu saja yang sudah aktif dan bisa diakses.

Jika tidak salah menduga, fitur atau menu yang terdapat pada aplikasi Emis 4.0 ini tidak akan jauh beda dengan versi sebelumnya.

Link Aplikasi Emis 4.0

Untuk akses Aplikasi Emis Madrasah yang terbaru ini, anda bisa mengaksesnya dilink di bawah ini:
https://emis.kemenag.go.id/login

Username dan Password

Untuk dapat mengakses aplikasi Emis Madrasah 4.0, pengguna tetap menggunakan username dan password yang biasa digunakan di Aplikasi Emis Madrasah versi sebelumnya.

Direkomendasikan:  Format Form Pendataan EMIS dan Jadwal Upload EMIS Online Semester Genap TP 2015-2016

Bila terdapat Operator Baru atau yang lupa passwordnya, langkah tepat adalah menghubungi admin kabupaten atau kota untuk diberikan akun baru atau direset passwordnya.

Panduan Lengkap Aplikasi Emis Terbaru

Sebelum menggunakan aplikasi Emis Madrasah, operator disarankan membaca buku panduan atau juknis yang telah disediakan. Emis Pusat telah menyediakan Panduan lengkap dalam mengoperasikan Emis 4.0.

Unduh Panduan lengkap Aplikasi Emis 4.0 dibawah ini:

Penutup

Anda dapat memberikan tanggapan dan atau ulasan terhadap aplikasi Emis Madrash 4.0 ini. Anda dapat memanfaatkan kolom komentar di bawah untuk berdiskusi.

Anda juga bisa membagikan pengalaman setelah mencoba menjalankan aplikasi Emis Madrash 4.0 ini.

Semoga informasi ini madrasah seputar Aplikasi EMIS Madrasah Versi 4.0 bisa memberkan manfaat dan kegunaan bagi semua pembaca, terlebih madrasah se Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini