Istilah Dalam Panduan Aman PTM Terbatas Saat Covid-19

istilah-panduan-aman-ptm-terbatas-saat-covid-19

Glosarium daftar istilah dalam PTM saat Covid-19. Berikut ini adalah daftar istilah atau glosarium dan penjelasannya dalam Panduan Aman Pembelajaran Tatap Muka Terbatas sebagaimana yang diterbitkan oleh Kemenerian Pendidikan.

3M adalah akronim dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak aman (minimal 1,5 meter). Perilaku disiplin 3M dapat menekan penyebaran Virus Corona.

3T adalah akronim dari testing, tracing dan treatment. 3T merupakan salah satu upaya penanganan COVID-19 melalui tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment). 3T berbicara tentang bagaimana warga satuan pendidikan memberikan notifi kasi atau pemberitahuan pada orang di sekitarnya untuk waspada.

Direkomendasikan:  Ini Cara Efektif Tangkal Radikalisme

5M adalah akronim dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak aman (minimal 1,5 meter), menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi serta interaksi. 5M merupakan penyempurnaan protokol kesehatan 3M.

Alat Pelindung Diri (APD) COVID-19 adalah perlengkapan yang wajib digunakan untuk mencegah dan melindungi tubuh dari paparan virus Corona. APD COVID-19 terdiri dari masker medis, pelindung mata, pelindung wajah, gaun medis, sarung tangan medis, penutup kepala, dan sepatu pelindung. Dokter dan/atau tenaga medis yang sering kontak dengan pasien COVID-19 wajib menggunakan APD sesuai standar agar mereka terlindungi dari paparan virus Corona.

Direkomendasikan:  APA ITU MAJAS SIMBOLIK DALAM BAHASA INDONESIA ?

Belajar dari Rumah (BDR) adalah kebijakan pendidikan tentang peralihan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan menjadi pembelajaran di rumah akibat Pandemi COVID-19. Tujuannya, memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk COVID-19, mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua.

Baca juga: Demi Tingkatkan Literasi Keagamaan, Kemenag Bantu Perpustakaan Masjid setelah membaca Istilah Dalam Panduan Aman PTM Terbatas Saat Covid-19.

Direkomendasikan:  Tugas Humas Dalam Mengelola Krisis

Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas) adalah unit pelaksana teknis Kemendikbud di bidang pengembangan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini