Istilah Dalam Panduan Aman PTM Terbatas Saat Covid-19

istilah-panduan-aman-ptm-terbatas-saat-covid-19

Polymerase Chain Reaction (PCR) adalah jenis pemeriksaan untuk mendeteksi pola genetik (DNA dan RNA) dari suatu sel, kuman, atau virus, termasuk virus Corona (SARS-CoV-2). Tes PCR umumnya dilakukan pada orang yang mengalami gejala COVID-19, seperti batuk, pilek, demam, terganggunya indra penciuman, serta sesak napas, terutama jika orang tersebut memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfi rmasi COVID-19.

Psikososial adalah suatu kondisi yang terjadi pada individu yang mencakup aspek psikis dan sosial atau sebaliknya. Psikososial menunjuk pada hubungan yang dinamis atau faktor psikis atau sosial, yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Psikososial sendiri berasal dari kata psiko dan sosial.

Direkomendasikan:  Pendidikan Anak Menurut Alquran

Rapid Test adalah salah satu metode yang digunakan sebagai pemeriksaan awal COVID-19. Sesuai namanya, hasil rapid test bisa langsung diketahui dalam waktu yang singkat, biasanya hanya sekitar beberapa menit atau paling lama 1 jam. Hingga saat ini, terdapat dua jenis rapid test yang dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan virus Corona di dalam tubuh pasien, yaitu rapid test antigen dan rapid test antibodi.

Rapid Test Antibodi adalah jenis rapid test yang paling awal muncul. Hasil pemeriksaan rapid test antibodi untuk COVID-19 dibaca sebagai reaktif (positif) dan nonreaktif (negatif). Tes ini memiliki tingkat akurasi yang rendah.

Direkomendasikan:  Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional (UNKP/UNBK)

Rapid Test Antigen adalah jenis rapid test untuk pemeriksaan virus Corona yang dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan rapid test antigen ini memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan rapid test antibodi. Tapi, pemeriksaan rapid test antigen dinilai belum seakurat tes PCR untuk mendiagnosis COVID-19.

Satuan pendidikan adalah Kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.

= Advertisement =

Sekolah Sehat adalah sekolah yang bersih, indah, nyaman, tertib, aman, rapih dan kekeluargaan peserta didiknya sehat dan bugar serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat;

Direkomendasikan:  17 Contoh Majas Alegori Yang Benar

Sosial Distancing adalah upaya mengurangi kontak antarwarga dalam rangka meminimalisir penularan pandemi COVID-19. Kebijakan ini mengakibatkan pada peniadaan ajang yang mendatangkan keramaian seperti pertandingan bola, konser musik,
acara keagamaan dan pertemuan besar.

Swab test adalah salah satu metode pengambilan sampel untuk PCR. Tes usap ini dilakukan pada hidung, saluran antara hidung dan tenggorokan (nasofaring), atau saluran antara mulut dan tenggorokan (orofaring).

Tenaga Kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan.


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *