Ibadah Umrah Telah Dibuka 8 Januari, Ini Edaran Kemenag

Demikian Ini Madrasah mengabarkan tentang Ibadah Umrah Telah Dibuka 8 Januari, Ini Edaran Kemenag.

Ini Madrasah – Ibadah Umrah Telah Dibuka 8 Januari, Ini Edaran Kemenag.

Persiapan penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19 masih terus dilakukan. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief menyampaikan bahwa penyelenggaraan ibadah umrah akan dibuka kembali.

Tetapi, Hilman menekankan bahwa penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi harus selalu mematuhi protokol kesehatan guna memastikan adanya safty kepada jemaah.

“Pemberangkatan jemaah umrah rencananya akan kembali dibuka pada 8 Januari 2022. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat, baik di tanah air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah,” terang Hilman di Jakarta, Kamis (6/1/2022).

Direkomendasikan:  Seleksi Terbuka 20 Jabatan Eselon II Kemenag

Menurut Dirjen PHU, pihaknya telah mengadakan rapat lintas Kementerian/Lembaga terkait dengan Penyelenggaraan Ibadah Umrah tahun 1443 H pada 3 Januari 2022. Dia juga telah memperoleh arahan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tentang keharusan pemenuhan protokol kesehatan yang ketat.

“Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang hendak memberangkatkan jemaah umrah harus melaporkan keberangkatan lewat SISKOPATUH,” tekan Hilman.

= Advertisement =

Ketentuan yang lain, tutur Hilman, keberangkatan jamaah umrah dipiroritaskan bagi PPIU yang memanfaatkan penerbangan langsung (direct flight) lewat Bandara Soekarno Hatta. Demikian juga soal kepulangan jemaah umrah. Mereka juga wajib mengikuti kebijakan yang sudah ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

Direkomendasikan:  RaKor Ditjen Pendidikan Islam Membahas Isu-Isu Aktual

“Keberangkatan empat penerbangan awal mengacu Kebijakan Umrah Satu Pintu (one gate policy) dengan memakai asrama haji Jakarta menjadi lokasi screening kesehatan dan juga titik mula keberangkatan yang dikoordinasikan terpusat oleh asosiasi PPIU,” papar Hilman

“Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kab/Kota harus menjalankan pengawasan keberangkatan jemaah umrah di wilayah kerja masing-masing,” lanjutnya.

Hilman juga menambahkan, bahwa pihaknya sudah bersurat kepada PPIU dan Kanwil Kemenag Provinsi di seluruh Indonesia berkaitan dengan aturan penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi ini.

Direkomendasikan:  Kemenag Susun Buku Teks PAI Sekolah

Demikian Ini Madrasah mengabarkan tentang Ibadah Umrah Telah Dibuka 8 Januari, Ini Edaran Kemenag.


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.