Santri MA Al Hikmah 2 Brebes Raih Juara II dalam Kompetisi Debat Bahasa Arab Internasional di Qatar

- Pewarta

Selasa, 5 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tim debat MA Alhikmah 2 jadi wakil Indonesia pada ISDC di Doha, Qatar [Foto: Kemenag.go.id]

Tim debat MA Alhikmah 2 jadi wakil Indonesia pada ISDC di Doha, Qatar [Foto: Kemenag.go.id]

inimadrasah.comSantri MA Al Hikmah 2 Brebes Raih Juara II dalam Kompetisi Debat Bahasa Arab Internasional di Qatar oleh situs Berita Madrasah dan Kementerian Agama, INI BERITA MADRASAH melalui kanal Prestasi.

Pesantren kita terus mengukir prestasi gemilang di tingkat internasional. Kali ini, santri Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Al Hikmah 2 (Malhikdua) di Brebes berhasil meraih juara kedua dalam ajang International School Debating Championship 2023 (ISDC) yang berlangsung di Education City Doha, Qatar, pada tanggal 2-4 September 2023.

ISDC 2023 adalah kompetisi debat Bahasa Arab tertinggi di dunia yang diselenggarakan oleh Qatar Debate, bagian dari Qatar Foundation. Tim delegasi dari Santri MA Al Hikmah 2 Brebes Malhikdua berhasil melaju ke Doha setelah melewati babak penyisihan daring pada 6-7 Mei 2023. Delegasi ini terdiri dari empat siswa dan seorang guru pembimbing, yang dengan bangga mewakili Indonesia dalam kompetisi bergengsi ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam babak Semi Final, Indonesia yang diwakili Santri MA Al Hikmah 2 Brebes berkompetisi dalam kategori penutur Bahasa Asing/Arabic as Foreign Language (AFL) bersama Malaysia, Singapura, dan Kazakhstan. Meskipun peserta dalam kategori ini masih berhadapan dengan penutur asli Bahasa Arab, tim Indonesia mampu tampil gemilang.

Baca juga:  Tim Madrasah TechnoNatura Depok Raih Juara Inovasi Samsung dengan Teknologi Energi Listrik Bersih

Pada babak pertama, Indonesia berduel dengan Tunisia, negara penutur asli Bahasa Arab. Meskipun harus mengakui keunggulan Tunisia, tim Indonesia bangkit dan berhasil mengalahkan tim Malaysia dan Singapura pada ronde kedua dan ketiga, sehingga berhasil melaju ke babak Final.

Puncak kompetisi diikuti oleh tim Indonesia (Santri MA Al Hikmah 2 Brebes) dan Singapura, karena kedua tim ini meraih nilai tertinggi dalam babak sebelumnya. Indonesia berhasil meraih nilai tertinggi di babak ini, sedangkan Singapura menempati urutan kedua.

Tema debat pada babak final berkaitan dengan teknologi digital dan politik, terutama tentang larangan bagi perusahaan media sosial untuk menyediakan akun para pejabat dan politikus. Mosi ini diberikan hanya 20 menit sebelum debat dimulai, sehingga kedua tim harus cermat dalam menganalisis dan merespons problematika internasional terkait politik dan teknologi.

Baca juga:  Tim Riset MAN 1 Kudus Raih Gelar Juara Umum Mechanical Fair UGM 2023

Meskipun harus puas dengan posisi runner-up, wakil Indonesia telah memberikan yang terbaik. Guru pembimbing, Sutanto, Lc, menyatakan, “Hasil ini merupakan hasil kerja sama tim yang luar biasa dan dedikasi siswa serta dewan guru MA Al Hikmah 2 Brebes (Malhikdua). Kami sangat bangga dengan prestasi ini.”

Guru lulusan Universitas Al Azhar Cairo ini juga mengungkapkan bahwa Malhikdua telah bermimpi besar sejak tahun 2017, dan prestasi ini adalah langkah nyata menuju mimpi tersebut. Sebelumnya, tim Malhikdua meraih posisi ketiga dalam Debat Bahasa Arab tingkat ASEAN di International Islamic University Malaysia (IIUM) di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Prestasi ini akan menjadi batu loncatan bagi Malhikdua untuk meraih prestasi-prestasi lainnya. Kami tidak akan berhenti bermimpi, walaupun saat ini hanya meraih posisi runner-up,” tambah Kepala Malhikdua, Sulkhi.

Mewakili Tim Debat Malhikdua, Santri MA Al Hikmah 2 Brebes, Ajid Maulana Izza mengungkapkan bahwa kompetisi ini memberikan pengalaman berharga. “Ini pertama kali saya pergi ke luar negeri, dan menjadi perwakilan Indonesia di Doha, Qatar, adalah pengalaman luar biasa. Qatar, sebagai salah satu negara maju di Timur Tengah dalam bidang pendidikan dan teknologi, sangat memotivasi kami, siswa Program Keagamaan, untuk mengejar studi lanjut di universitas Qatar atau Timur Tengah lainnya,” ujarnya.

Baca juga:  Daftar Juara KSM dan MYRES Nasional 2023

“Kami dan teman-teman kami merasa sangat bangga dengan pencapaian ini, yang membawa nama baik Indonesia dalam kompetisi internasional yang bergengsi,” tambahnya.

Qatar, negara di Teluk Persia, dikenal atas kemajuan ekonomi, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Qatar menjadi salah satu negara paling maju di Timur Tengah, sejajar dengan Uni Emirat Arab. Qatar bahkan menjadi tuan rumah MotoGP dan F1 di Sirkuit Losail, serta sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Prestasi Malhikdua di Qatar merupakan salah satu tonggak bersejarah dalam perjalanan pesantren ini.

Demikian berita prestasi madrasah terbaru seputar Santri MA Al Hikmah 2 Brebes Raih Juara II dalam Kompetisi Debat Bahasa Arab Internasional di Qatar oleh situs Berita Madrasah dan Kementerian Agama, INI BERITA MADRASAH melalui kanal Prestasi.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Tim Madrasah TechnoNatura Depok Raih Juara Inovasi Samsung dengan Teknologi Energi Listrik Bersih
Madrasah Terbaik Peraih Penghargaan OSN Nasional 2023: MAN 2 Kota Malang
Siswa MAN 2 Banyumas Meraih Juara II dalam Turnamen Bulu Tangkis Singapura
Tim Riset MAN 1 Kudus Raih Gelar Juara Umum Mechanical Fair UGM 2023
Daftar Juara KSM dan MYRES Nasional 2023
Siswa MTsN 2 Sawahlunto Menciptakan Sensor Gas Metana Berbasis IoT Tambang Batu Bara

Berita Terkait

Kamis, 14 September 2023 - 21:12 WIB

Tim Madrasah TechnoNatura Depok Raih Juara Inovasi Samsung dengan Teknologi Energi Listrik Bersih

Selasa, 12 September 2023 - 22:14 WIB

Madrasah Terbaik Peraih Penghargaan OSN Nasional 2023: MAN 2 Kota Malang

Selasa, 12 September 2023 - 21:51 WIB

Siswa MAN 2 Banyumas Meraih Juara II dalam Turnamen Bulu Tangkis Singapura

Kamis, 7 September 2023 - 20:22 WIB

Tim Riset MAN 1 Kudus Raih Gelar Juara Umum Mechanical Fair UGM 2023

Kamis, 7 September 2023 - 16:54 WIB

Daftar Juara KSM dan MYRES Nasional 2023

Selasa, 5 September 2023 - 16:06 WIB

Siswa MTsN 2 Sawahlunto Menciptakan Sensor Gas Metana Berbasis IoT Tambang Batu Bara

Selasa, 5 September 2023 - 15:43 WIB

Santri MA Al Hikmah 2 Brebes Raih Juara II dalam Kompetisi Debat Bahasa Arab Internasional di Qatar

Berita Terbaru

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam Week of Indonesia-Netherlands Education and Research di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Pendidikan

Butuh lompatan besar untuk tingkatkan kualitas pendidikan

Selasa, 10 Okt 2023 - 18:02 WIB