FlashNews

Begini Lho Cara Import File Backup Transfer Respon UNBK Tahun 2019


cara-import-file-backup-transfer-respon-unbk-tahun-2019
Begini Lho Cara Import File Backup Transfer Respon UNBK Tahun 2019. Posting Berita Madrasah kali ini seputar cara import file backup transfer respon UNBK. Tutorial ini admin anggap penting dan layak dishare untuk diketahui bersama.

Rekan Proktor UNBK, Dalam Aplikasi CBTSync UNBK ada Menu Transfer Respon. Menu tersebut mempunyai fungsi untuk mengembalikan jawaban peserta UNBK jika terjadi masalah error atau kerusakan pada server UNBK.

Dengan adanya menu Transfer Respon maka saat terjadi keruskan atau error pada VHD, jawaban peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah dikerjakan bisa dikembalikan lagi sebagaimana sebelumnya saat belum terjadi error pada VHD. Dengan begitu peserta UNBK tidak dirugikan karena mereka bisa melanjutkan lagi untuk mengerjakan soal soal ujian berikutnya tanpa kehilangan jawaban satupun.

Demi menghindari kerugian yang dialami peserta UNBK karena terjadi error pada VHD, rekan rekan proktor sangat disarankan melakukan langkah antisipatif . Langkah antisipasi atau jaga-jaga perlu dilakukan untuk menhindari kejadian yang tak terduga selama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di satuan pendidikan masing-masing. Rekan rekan proktor dan teknisi Sekolah/Madrasah penting untuk bisa memahami langkah-langkah melakukan restore atau pengembalian jawaban dengan menggunakan Menu Transfer Respon Aplikasi CBTSync UNBK Tahun 2019

Langkah-langkah Import File Backup Transfer Respon UNBK Tahun 2019


Rekan Proktor/ Teknisi, dalam  posting ini akan dijelaskan langkah demi langkah agar rekan-rekan bisa melakukan import atau restore jawaban dalam file hasil backup melalui Menu Transfer Respon Aplikasi CBTSync UNBK Tahun 2019.

Agar lebih jelas, silahkan rekan-rekan mengikuti dan mencermati alurnya berikut ini:

A. Persipan sebelum melakukan Import File Backup Transfer Respon
  1. Pertama harus memastikan bahwa akun peserta UNBK (client) tidak ada yang masih login (tutup Xambro Klien). Bila ada, maka harus log out lebih dahulu.
  2. Langkah berikutnya ajukan Token Transfer Respon kepada Helpdesk UNBK Pusat.
  3. Lakukan Replace atau timpa VHD yang rusak dengan menggunakan VHD yang sama tetapi hasil Backup ketika melakukan Sinkronisasi.
  4. Aturlah settingan atau pengaturan Transfer Respon sama persis seperti VHD sebelumnya yang Rusak. 
  5. Jangan langsung melakukan restore atau import file Backup Transfer Respon
  6. Aturlah Mata Pelajaran yang diujikan hari itu dan kelompoknya. 
  7. Simpan semua, terus logut dan kemudian submite kembali.
  8. Lakukan import File Backup Transfer Respon UNBK yang sebelumnya telah di-compress dalam format ZIP.
  9. Bila proses Import selesai, maka peserta UNBK bisa login lagi.
B. Langkah Import File Backup Transfer Respon

Untuk melakukan proses import File Backup Transfer Respon, rekan proktor dan teknisi bisa mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini:
  1. Proktor silahkan mengajukan Token Transfer Respon kepada Tim Helpdesk Pusat menggunakan menu Tiket Bantuan yang ada di Web UNBK tahun 2018-2019.
  2. Pada screen CBTSync menu Transfer Respon, klik menu Browse untuk mencari file backup yang sudah kita buat dalam ekstensi.zip sebelumnya.
  3. Kemudian klik Upload
  4. Tunggu beberapa saat sampai hingga file terupload dengan sempurna sebagaimana yang ditunjukkan indikator upload.
  5. Lanjutkan dengan memasukkan token yang diberikan oleh tim Helpdesk Pusat dikolom Token
  6. Mulai proses import, tunggu sampai proses restore selesai.
  7. Akhirnya selesai sudah. Peserta UNBK bisa login lagi dan melanjutkan mengerjakan soal-soal UNBK yang sempat terhenti.
Pemanfaatan server cadangan dan juga transfer respon oleh sekolah atau madrasah merupakan satu solusi karena munculnya kendala teknis, terutama terjadi error di server baik server virtual ataupun server faktual.

Dengan menpunyai langkah langkah antisipatif terhadap kendala teknis yang muncul pada saat UNBK berlangsung, maka diharapkan pihak sekolah atau madrasah penyelenggara ujian akan menemukan pemecahan atas masalah yang timbul.

Namun perlu diingat bahwa solusi berupa Transfer Respon ini mempunyai kekurangan dan juga kelebihan, yaitu:

Kekurangan:
  1. Permintaan token harus ke HD Pusat, sehingga proses ini relatif memakan waktu sehingga lebih lama.
Kelebihan:
  1. Siswa dapat kembali melanjutkan mengerjakan soal-soal UNBK.
  2. Jawaban serta waktu pengerjaan peserta UNBK tetap sama seperti saat menggunakan VM sebelumnya.
Demikianlah informasi penting dari Berita Madrasah seputar Cara Import File Backup Transfer Respon UNBK Tahun 2019, semoga bermanfaat. Dan tentu saja semua berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk error pada VHD. Terus baca informasi terupdate melalui Berita Madrasah di inimadrasah.com