Soal Tryout CAT SKD CPNS 2019

- Pewarta

Kamis, 19 September 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Soal Tryout CAT SKD CPNS 2019. menjelang dibukanya pendaftaran CPNS 2019, Badan Kepegawaian Negara atau BKN telah menginformasikan kisi-kisi soal CPNS 2019. Dengan begitu, calon peserta ujian CAT mempunyai arah dalam belajar dan mempersiapkan diri. Kisi-kisi soal CPNS 2019 tersebut secara resmi diinformasikan via akun twitter @BKNgoid.

Sayangnya, informasi mengenai pendaftaran CPNS 2019 dimanfaatkan oleh beberapa oknum tidak bertangung jawab untuk mencari keuntungan pribadi. Hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya orang yang mencari informasi tentang pendaftaran, soal tes CPNS 2019 dan ditambah dengan dorongan akan keinginan yang tinggi untuk bisa diterima. Maka diharapkan semua pihak yang berkepentingan untuk berhati-hati.

Diantara bentuk pemanfaatan pihak tidak bertanggung jawab terkait perekrutan CPNS adalah mengaku dapat memberi jaminan untuk meloloskan korban dalam seleksi CPNS. Untuk kepentingan tersebut, pihaktak bertanggung jawab meminta bayaran yang sangat tinggi. Kecuali itu, ada juga yang menggunakan cara menerbitkan buku tes CPNS dengan dengan mencatut dan mencantumkan BKN. Tujuannya adalah untuk membangun kesan bahwa buku yang diterbitkannya resmi dari BKN. Kemudian buku tentang tes CPNS itu dijual dengan harga selangit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Jika Anda menjumpai hal seperti itu maka yakinlah bahwa hal itu tidak benar. Karena Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai pihak penyelenggara Tes CPNS tidak pernah membuat dan menerbitkan buku-buku Tes CPNS, tak terkecuali Tes CPNS 2019.

Dalam satu cuitannya di Twitter, BKN menegaskan bahwa lembaganya tidak pernah menerbitkan buku tes CPNS 2019 yang terkait dengan soal-soal CAT-BKN. Semua soal CAT BKN untuk tes CPNS berada tersimpan dan diacak oleh sistem.

Baca juga:  Dua Guru Madrasah Raih Kejuaraan pada HUT PGRI Purbalingga

Diantara penegasan BKN tersebut tertuang seperti berikut:

#SobatBKN, soal-soal tersebut akan diacak oleh sistem secara otomatis saat penyelenggaraan SKD menggunakan CAT-BKN. Lalu bagaimana cara belajar? gampang dan gratis, kalian bisa explore sendiri dengan kisi-kisi TIU, TWK, dan TKP yang ada dalam peraturan.

Cara Mendapatkan Contoh atau Kisi-kisi soal CPNS 2019 Secara Resmi

Bagaimana cara mendapatkan contoh atau kisi-kisi soal CPNS 2019 secara resmi? Untuk memperolehnya sangat mudah. Untuk kepentingan itu, BKN telah menyediakan sebuah situs simulasi soal tes CPNS dengan menggunakan sistem. Dan Anda sebelumnya harus sudah terdaftar terlebih dahulu. Jika belum terdaftar maka Anda harus registrasi. Dan bagaimana cara mendaftar di situs simulasi CAT BKN akan dibahas dibawah nanti.

Para calon peserta ujian CPNS 2019 dipersilahkan mengunjungi situs Simulasi CAT BKN, yang kontennya adalah berbagai macam simulasi soal CPNS dari TIU, TWK, sampai TKP.

Dengan mengikuti simulasi tes CPNS yang disediakan BKN, calon peserta dapat mengukur dan menguji kapasitas dan kemampuan diri menjelang perekrutan CPNS 2019.

Cara Mendaftar Situs Simulasi CAT BKN 

Sebelum dapat Login dan mengikuti simulasi test CPNS melalui Computer Assisted Tes – CAT BKN maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut caranya:

  1. Ketikkan di address bar browser Anda : http://103.8.238.61/simulasi/daftar/
  2. Lngkah selanjutnya isi seluruh data yang diperlukan yang meliputi: nama lengkap, email, password, konfirmasi password, tempat lahir dan tanggal lahir
  3. Pada jenis kelamin, anda tinggal klik radio button yang sesuai jenis kelamin Anda
  4. Klik verifikasi “I’am not a robot”
  5. Dan langkah terakhir, klik tombol “SIMPAN”
Baca juga:  Perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2019

Hore selesai proses pendaftaran di situs CAT BKN. Dan silahkan cek email Anda untuk menerima notifikasi dari situs simulasi soal ujian CPNS tersebut.

Cara Menggunakan Situs Simulasi CAT-BKN

Berikut ini adalah cara menggunakan situs simulasi CAT-BKN, tentu saja Anda harus mempunyai akun dengan sebelumnya telah melakukan registrasi.

  1. Ketikkan di address bar alamat situs http://cat.bkn.go.id/simulasi/index.php atau http://103.8.238.61/simulasi/
  2. Lanjutkan dengan log in, caranya tuliskan Email dan juga Password Anda.
  3. Jangan untuk memverifikasi bahwa Anda bukan robot dengan klik item verifikasi.
  4. Dan jika log in berhasil, maka peserta simulasi sudah bisa melakukan simulasi CAT-BKN.

Guna menunjang keberhasilan Anda dalam seleksi penerimaan CPNS 2019, mulai sekarang perbanyaklah waktu untuk mempelajari contoh soal-soal atau simulasi tes CPNS. Anda bisa melakukannya melalui buku-buku yang banyak dijual di toko buku, soft file soal latihan CPNS yang banyak dishare di media online dan juga bisa memanfaatkan aplikasi simulasi. Dan salah satu yang diberikan oleh Berita Madrasah dalah Soal Tryout CAT SKD CPNS 2019 yang bisa didownload.

Tahapan Tes Penerimaan CPNS 2019

Dibutuhkan ketelitian dan juga kemampuan berpikir peserta untuk dapat mengikuti seluruh tahapan tes CPNS 2019 yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa tes yang dilakukan dalam perekrutan CPNS 2019 dan tahun-tahun lainnya adalah berbasis CAT. CAT CPNS mencakup Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan juga Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Baca juga:  Dari 773 Ribu Guru Honorer, Cuma Separuh yang Profesional

Bagi Anda yang hendak mengikuti tes CPNS untuk pertama kali, wajib memahami apa itu SKD dan SKB.

Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD dilakukan dengan memberikan soal melalui Computer Assisted Test – CAT. Dengan begitu peserta tidak lagi menjawab pada lembar jawab berbetuk kertas yang dengan cara menghitamkan pilihan jawaban. Dengan CAT, nilai hasil tes peserta akan langsung dapat diketahui begitu proses ujian selesai.

Macam-macam tes yang masuk dalam seleksi SKD antara lain adalah Tes Wawasan Kewarganegaraan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan juga Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Jika peserta dinyatakan lulus dalam tahap seleksi SKD maka akan dipanggil untuk melanjutkan ke tahap seleksi Seleksi Kompetensi Bidang – SKB. Dan Seleksi Kompetensi Bidang mencakup tes kesamaptaan dan tes pengamatan fisik dan keteramapilan (FSK).

Penutup

Mengulang-ulang dalam berlatih memahami dan mengerjakan contoh soal CPNS merupakan langkah bijak dan tepat. Hal itu akan sangat membantu kesiapan Anda yang akan ikut selesksi penerimaan CPNS 2019 dalam menjawab soal.

Salah satunya adalah dengan berlatih melalui Soal Tryout CAT SKD CPNS 2019 yang dibagikan dalam artikelini.

Berikut link download Soal Tryout CAT SKD CPNS 2019

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Syarat Mendapatkan Tunjangan Profesi Guru: Sertifikasi Wajib!
Peserta Seleksi PPPK Guru Minimal Lulusan S-1/D-4
Pembukaan Orientasi PPPK Kemenag, Perhatikan Tanggalnya!
Alokasi PPPK untuk Guru Honorer Menunggu Keputusan Kementerian PAN-RB
Download Latihan soal CPNS 2023 PDF
Reformulasi Seleksi PPPK sebagai Bentuk Afirmasi bagi Honorer
Berpotensi Jadi PPPK dan Nikmati Uang Pensiun, Honorer Harus Perhatikan RUU ASN
RUU Pendidikan memastikan guru mendapatkan tunjangan profesional

Berita Terkait

Kamis, 21 September 2023 - 18:16 WIB

Syarat Mendapatkan Tunjangan Profesi Guru: Sertifikasi Wajib!

Selasa, 19 September 2023 - 17:35 WIB

Peserta Seleksi PPPK Guru Minimal Lulusan S-1/D-4

Minggu, 10 September 2023 - 21:00 WIB

Pembukaan Orientasi PPPK Kemenag, Perhatikan Tanggalnya!

Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:45 WIB

Alokasi PPPK untuk Guru Honorer Menunggu Keputusan Kementerian PAN-RB

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 15:44 WIB

Download Latihan soal CPNS 2023 PDF

Jumat, 4 Agustus 2023 - 23:41 WIB

Reformulasi Seleksi PPPK sebagai Bentuk Afirmasi bagi Honorer

Minggu, 30 Juli 2023 - 14:35 WIB

Berpotensi Jadi PPPK dan Nikmati Uang Pensiun, Honorer Harus Perhatikan RUU ASN

Minggu, 28 Agustus 2022 - 20:13 WIB

RUU Pendidikan memastikan guru mendapatkan tunjangan profesional

Berita Terbaru

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam Week of Indonesia-Netherlands Education and Research di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Pendidikan

Butuh lompatan besar untuk tingkatkan kualitas pendidikan

Selasa, 10 Okt 2023 - 18:02 WIB