Download Contoh RPP Kurikulum 2013

RPP - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan penjabaran dan "penterjemahan" dari silabus yang ada sebagai program pengajaran bagi guru. Dan di tahun pelajaran 2013/2014 ini, telah dan harus sudah diterapkan Kurikulum 2013, Dengan demikian ada berbagai perubahan kompetensi dan metode dalam menyusun RPP.

Sedangkan, Silabus Kurikulum 2013 yang menjadi dasar acuan penyusunan RPP telah disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tingkat Sekolah Dasar (SD/MI), digunakan metode pembelajaran tematik intergratif, yaitu materi yang dipelajari dikaitkan satu sama lain dalam sebuah tema. Dengan sistem  sistem tematik intergratif, mata pelajaran tidak lagi nampak. Setiap tingkatan kelas yang ada telah disediakan delapan tema yang harus disampaikan oleh guru.

Dalam RPP Kurikulum 2013 tercantum hal-hal yang langsung terkait langsung dengan aktivitas pembelajaran. Tujuannya adalah dalam rangka pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar (KD).

Sayangnya, masih banyak guru yang mengalami kebingungan dalam menyusun RPP Kurikulum 2013. Hal ini wajar karena pelatihan yang diadakan oleh Kemdikbud bagi guru-guru dalam menerapkan Kurikulum 2013, termasuk dalam menyusun RPP yang sesuai Silabus Kurikulum 2013 masih kurang.

Berikut contoh RPP SD/MI Kurikulum 2013 yang dapat didownload:
Sekilas gambaran RPP Kurikulum 2013 yang disusun oleh guru mencantumkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments