Cara Mudah Cek NISN Siswa Terbaru

cara-mudah-cek-NISN-terbaru

Cara Mudah Cek NISN Siswa Terbaru. NISN merupakan singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional adalah nomor khusus yang dimiliki oleh setiap siswa diseluruh Indonesia dan berfungsi sebagai kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa. NISN ini adalah identitas yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN ini diberikan kepada semua siswa atau peserta didik yang telah tercatat pada sekolah atau madrasah yang mempunyai NPSN dan terdaftar resmi di referensi Kemendikbud. Dengan begitu, seluruh siswa akan mempunyai NISN jika bersekolah pada lembaga pendidikan seperti yang disebutkan.

NISN diberikan kepada peserta didik saat berada pada jenjang SD/MI. Pendataan NISN dilakukan sesuai dengan data kependudukan. Dan NISN tersebut berlaku hingga jenjang pendidikan berikutnya.

Baca juga: Lomba Kampanye Indonesia Sehat untuk Madrasah

Guna memastikan kevalidan, data NISN dapat dicek, apakah NISN yang dimiliki benar-benar terdaftar di referensi Kemendikbud atau tidak. Atau juga bisa untuk memastikan apakah NISN terdapat duplikasi?

Ini Cara Mudah Cek NISN Siswa Terbaru

Melalui Info Madrasah berikut ini, pembaca akan mendapatkan tutorial cara mudah cek NISN terbaru. Perlu diketahui bahwa situs pencarian dan pengecekan NISN semula berada pada URL http://nisn.data.kemdikbud.go.id/ dan kini dialihkan sementara ke alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/.

Silahkan baca dan perhatikan urutan dan langkah-langkah tutorial Cara Mudah Cek NISN Terbaru berikut ini:

  1. Kunjungi situs web https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/.
  2. Tunggu sampai situs web terbuka.
  3. Perhatikan beberapa field isian yang terdiri dari filed NISN, ibu kandung, dan kode cpatcha.
  4. Masukkan NISN, nama ibu kandung dan kode captcha.
  5. Klik button atau tombol pencarian Data.
  6. Tunggu proses pencarian selesai.
  7. Jika data NISN ada maka akan muncul tampilan Identitas siswa. Dan bila sebaliknya maka akan keluar pesan NISN tidak tercatat di referensi.

Bagaimana, mudah bukan? Cara pengecekan NISN diatas bisa dilakukan jika siswa sudah mengetahui NISN-nya. Jika tidak, maka ikuti cara kedua di bawah ini.

Cara CEK NISN Tetapi Tidak Tahu NISN-nya

Jika peserta didik tidak tahu atau lupa NISN-nya maka dapat dilakukan dengan cara pencarian berdasarkan nama serta beberapa identitas lainnya. Data-data yang diperlukan adalah nama, tempat lahir, tangal lahir, nama ibu kandung.

Baca juga: 15 Panduan Ibadah Ramadan Ketika Covid-19 Mewabah

Dan bagaimana cara pengecekan NISN yang karena satuhal lupa atau tidak mengetahui, silahkan ikuti tutorial cara cek NISN siswa dengan pencarian berdasarkan nama berikut ini:

  1. silahkan kunjungi situs web https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  2. Saat situs web terbuka. Klik menu Pencarian nama di sebelah kanan atas maka akan tampil kolom pencarian
  3. Selanjutnya masukkan data nama, tempat lahir, tangal Lahir, dan nama ibu kandung sesuai dengan kolom yang tersedia
  4. Masukkan Captcha
  5. Langkah selanjutnya klik tombol Cari
  6. Tunggu hingga proses pencarian selesai
  7. Jika pencarian nama terdetekasi, selnjutnya akan muncul tampilan data NISN peserta didik. Dan jika tidak, akan muncul pesan Nama tidak tercatat di referensi.

Demikian cara mudah melakukan pencarian NISN berdasarkan nama yang dapat digunakan ketika tidak tahu atau lupa NISN.

Dua cara mudah cek NISN siswa terbaru telah disajikan Ini Madrasah, selanjutnya diharapkan perserta didik tidak mengalami kesulitan dan kebingungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini