Aduh...75 Persen Sekolah di Bawah Standar!

Aduh...75 Persen Sekolah di Bawah Standar!. Kondisi pendidikan Indonesia sampai sekarang ini masih jauh dari harapan.  Keadaan tersebut disampaikan oleh pimpinan Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra ketika menanggapi program prioritas pendidikan APBN tahun 2016, di Jakarta, kemarin (24/3).

“Faktanya adalah hari ini ada 75 persen sekolah di Indonesia belum memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan,”  tukasnya.

Menurut anggota Fraksi Gerindra tersebut, kesimpulannya didasarkan pada pemetaan Kemendikbud kepada 40.000 sekolah yang menyatakan bahwa standar isi, proses, fasilitas dan pengelolaan sekolah sekarang ini belum sesuai dengan standar pendidikan sebagaimana yang diamanatkan oleh undang- undang.

“Sejalan dengan itu semua, nilai rata-rata uji kompetensi guru yang semestinya ditargetkan mencapai angka 70 persen belum tercapai. Kompetensi guru Indonesia baru mencapai angka 44,5 persen,”  sambungnya.

Ke depan, program pengembangan maupun pembinaan guru harus tetap menjadi fokus utama, di samping rekonstruksi sistem pengajarannya.

“Tidak kalah pentingnya, fasilitas sekolah harus terus diupayakan supaya mencapai standar menengah yang telah digariskan. Hingga satu dasawarsa ke depan pemerintah harus meningkatkan sebaran dan jumlah sekolah yang berstandar internasional,” tegasnya.

“Bila Malaysia pada 1990-an telah mampu membuat dua banding dua antara sekolah berstandar internasional dengan sekolah biasa, maka Indonesia mstina juga berani membuat lompatan ini. Sehingga terjadi pemerataan kualitas pendidikan Indonesia,” pungkas Sutan Adil Hendra.

Baru saja Anda membaca Aduh...75 Persen Sekolah di Bawah Standar! di situs pendidikan.

Jangan lupa untuk membaca yang lain, seperti:
  Guru Harus Paham Karakter Peserta Didik yang Berbeda-beda
  Tim Cyber Anti Narkoba dan Radikalisme Kemenag
  Perhatikan Jadwal Pendaftaran dan Tes Pendidikan Ikatan Dinas 

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments