Panduan Teknis Penilaian Di Madrasah

Panduan Teknis Penilaian Di Madrasah – Pada tahun 2014 lalu, Direktorat Madrasah Kementerian Agama telah menerbitkan buku Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar. Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI), panduan tersebut diberi judul : Panduan Teknis Penilaian di Madrasah Ibtidaiyah. Untuk MTs diberi nama Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik. Sedangkan untuk Madrasah Aliyah (MA) disebut dengan Model Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat MA.

Ketiganya, Panduan Teknis Penilaian di Madrasah Ibtidaiyah, Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah, dan Model Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat MA merupakan pedoman dan panduan bagi ketiga jenjang madrasah.

Direkomendasikan:  Ketahui Istilah Dalam Kurikulum 2013 Terbaru Revisi 2017/2018

Implementasi Kurikulum 2013 di semua jenjang pendidikan di Indonesia, termasuk semua jenjang di Madrasah berimplikasi pada model penilaian pencapaian kompetensi peserta didik. Penilaian pencapaian kompetensi merupakan proses sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi informasi untuk menentukan sejauhmana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran.

Penilaian tersebut dilakukan melalui berbagai teknik/cara, seperti penilaian unjuk kerja (performance), penilaian sikap, penilaian tertulis (paper and pencil test), penilaian projek, penilaian produk, penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya peserta didik (portfolio), dan penilaian diri.

Direkomendasikan:  Contoh RPP Kurikulum 2013 SD/MI

Untuk guru madrasah dari MI, MTs dan MA silahkan mendownload di link berikut ini:

  1. Panduan Teknis Penilaian di Madrasah Ibtidaiyah
  2. Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah
  3. Model Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat MA.

Demikian informasi Panduan Teknis Penilaian Di Madrasah dari situs pendidikan, berita madrasah dan Kemenag.


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *