Madrasah Hebat Bermartabat - Slogan Baru Madrasah

Slogan Baru Madrasah: Madrasah Hebat Bermartabat. Sebelumnya slogan madrasah yang telah diketahui publik adalah "Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah". Namun memasuki tahun 2018, Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam berusaha lebih meningkatkan semangat madrasah supaya menjadi madrasah terbaik pada provinsi masing-masing.

"Mulai tahun 2018 ini, kita mengusung semangat baru dengan slogan Madrasah Hebat Bermartabat," tutur Direktur KSKK Madrasah, A. Umar di Jakarta, Kamis (01/03). "Kita sudah mulai melakukan revitalisasi madrasah yang diunggulkan atau yang sudah menjadi unggulan dengan prinsip membangun dari pinggiran dan memperkuat yang unggulan," sambungnya.

Disebutkan bahwa Kemenag memperoleh alokasi bantuan pendanaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam bentuk Surat Berharga Syariah Negata (SBSN) yang diperuntukan membangun sarana dan prasarana pendidikan berupa kualitas dan fasilitas madrasah di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Baca juga: 2018: Guru Honorer Diangkat Jadi CPNS

Penjelasan dan makna slogan Madrasah Hebat Bermartabat


"Maka dengan SBSN itu akan kita bangun madrasah yang ada di pinggiran, sedangkan madrasah yang telah mempunyai fasilitas cukup memadai akan lebih diperkuat dengan pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN)", kata Umar.

Makna hebat tidak hanya dilihat dari bentuk bangunan, namun juga tercermin dari para lulusan madrasah. Hebat juga terlihat dari cara guru mengajar, hebat dalam mentransfer ilmunya ke masyarakat, hebat prestasi, hebat mutu siswa dan hebat dalam tata kelola kelembagaan. Adapun martabat identik dengan pembangunan karakter peserta didik yang berakhlakul karimah.

Baca juga: PMA Nomor 58 Tahun 2017 Tentang Kepala Madrasah

Pada kesempatan lain, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Kamis (01/03) juga menyebutkan bahwa dalam 3 tahun ke depan Kementerian Agama bertekad bulat menjadikan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang unggul di setiap daerah, menyongsong Indonesia emas dan memperkuat program Nawa Cita, yaitu program yang digagas pasangan Presiden RI Joko Widodo-Jusuf untuk Indonesia lebih baik.

Demikian informasi tentang Slogan Baru Madrasah: Madrasah Hebat Bermartabat.

Kontributor utama website inimadrasah.com. Adalah seorang guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Seorang blogger dan penghobi fotografi makro.

Disqus Comments