Ini Info Lengkap Masuk STAN 2021

Ini-Info-Lengkap-Masuk-STAN-2021

Ini Info Lengkap Masuk STAN 2021

Politeknik Keuangan Negara STAN telah membuka pendaftaran mahasiswa baru. Simak apa saja program studi (prodi) yang akan dibuka dan juga syarat-syarat pendaftarannya juga tata cara pendaftarannya.

Dikutip dari laman https://www.spmb.pknstan.ac.id/#/Pengumuman, Selasa (20/4), program studi yang dibuka di STAN untuk tahun ini ada 3. Pertama prodi DIV AKuntansi Sektor Publik dengan kuota formasi 64 orang, prodi DIV Manajemen Keuangan Negara (159 orang) dan DIV Manajemen Aset Publik (52 orang).

Kriteria Peserta Seleksi STAN

Berikut ini adalah kriteria peserta seleksi masuk STAN:

Kebutuhan dari tiap-tiap program studi diperuntukkan bagi peserta dengan kriteria:

  1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.
  2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putraputri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan.

Syarat-Syarat Pendaftaran STAN

Syarat-Syarat Pendaftaran STAN

Dibawah ini adalah syarat-syarat masuk STAN yang perlu dipersiapkan:

  1. Persyaratan lulusan
    1. Program Reguler: lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2021) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat; atau
    2. Program Afirmasi: calon lulusan tahun 2021 semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta
    1. lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    2. calon lulusan tahun 2021, memiliki rata-rata nilai rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 15 tahun.
  4. Telah terdaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Tahun 2021.
  5. Memiliki nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi.
  6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  7. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
  8. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).
  9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
  10. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya
  11. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    1. telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;
    2. memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan
    3. mendapat rekomendasi dari SMA atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 usulan terbaik.
Direkomendasikan:  Sekolah: Kawasan Bebas Asap Rokok

Baca juga: Pancasila dan Bahasa Indonesia Raib, Ini Pandangan P2G

Biaya Pendaftaran Masuk STAN

Biaya Pendaftaran Masuk STAN

Biaya pendaftaran SPMB STAN sebesar Rp350 ribu per peserta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp50 ribu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

Tata Cara Pendaftaran STAN

Berikut tata cara pendaftaran STAN yang perlu diperhatikan:

Peserta melakukan registrasi melalui portal https://sscasn.bkn.go.id dengan tahapan sebagai berikut:

  1. memilih menu DIKDIN;
  2. mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun dan password yang akan digunakan untuk login;
  3. login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;
  4. memilih sekolah kedinasan PKN STAN, memilih program reguler atau afirmasi, melengkapi biodata, nomor UTBK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan isian lainnya serta mengunggah dokumen yang diperlukan.
Direkomendasikan:  10 Langkah POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017

Baca juga: https://sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:

  1. login dengan menggunakan akun dan password yang didaftarkan pada portal https://sscasn.bkn.go.id;
  2. mengisi data pilihan program studi;
  3. mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online; dan
  4. mengunci data.

Demikian Info Lengkap Masuk STAN 2021 dari admin IniMadrasah.com



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini