5 Cara Jitu Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

5-cara-jitu-mempersiapkan-dana-pendidikan-anak

5 Cara Jitu Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak. Akhir-akhir ini pendidikan merupakan bidang yang paling banyak dibicarakan sesudah infrastruktur. Karena pendidikan merupakan penentu maju dan tidaknya sebuah peradaban bangsa.

Orang tua yang mempunyai kesadaran akan pentingnya memberikan kesempatan pendidikan terbaik bagi putra-putriya berarti sudah memberi kontribusi dalam memperbaiki masa depan bangsa. Melalui pendidikan yang bagus, bangsa ini akan mempunyai calon-calon pemimpin dengan kemampuan dan daya intelegensi yang baik pula.

Oleh sebab itu tidaklah aneh bila sekarang ini para orang tua mulai mempersapkan dana pendidikan yang relatif banyak untuk anak anaknya kelak. Semua itu dikerjakan supaya si anak mempunyai “bekal hidup” yang baik untuk kehidupannya di kemudian hari.

Bila diibaratkan dengan perang, maka pendidikan adalah senjata. Ya, senjata adalah salah satu hal yang menjadi penentu hasil akhir dari satu peperangan. Bisa Anda bayangkan bagaimana jika tentara berperang tidak mengguna senjata, ataupun jika senjatanya rusak, atau lebih buruk lagi bila senjatanya ternyata tidak bisa digunakan.

Lawan pasti akan dengan sangat mudah menyerang dan sekaligus mengalahkan kita. Tetapi bila senjata yang dimiliki dalam keadaan sangat baik, karena dibuat dengan material sangat baik pula serta didukung dengan strategi yang mumpuni, maka walaupun hanya sebuah ketapel dan bambu runcing sekalipun tentu akan mempunyai daya serang yang sangat efektif.

Begitu pun dengan pendidikan, dengan pendidikan yang amat baik, diharapkan semua ana anak bisa memenangkan perebutan masa depan.

Berapa kebutuhan biaya pendidikan?


Nah pertanyannya, berapa sih besarnya dana yang akan kita butuhkan guna mendanai Pendidikan anak diawali dari tingkat dasar hingga sampai ke jenjang perguruan tinggi?

Di setiap tahunnya, rata-rata terjadi peningkatan biaya pendidikan antara 10 persen. Angka tersebut sudah dengan memperhitungkan inflasi yang ada.

Jika sekarang ini anak anak Anda masih berusia satu tahun, paling tidak akan dibutuhkan dana sekitar Rp2,6 juta per tahunnya. Dana pendidikan tersebut ditabung guna persiapan pendidikan anak sejak di tingkat Taman Kanak-kanak sampai ke jenjang perguruan tinggi.

Angka yang terbilang besar itu dapat disiasati dengan cara ada program tabungan yang dipunyai oleh bank maupun lewat program investasi. Tetapi jangan lupa untuk selalu memasukkan aspek inflasi tahunan kedalam imbal hasil yang diterima di setiap produk keuangan yang Anda gunakan.

Ini Cara Untuk Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak


Nah program keuangan apa saja yang paling pas dan juga memudahkan Anda dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak-anak tercinta? Berikut 5 Cara jitu mempersiapkan dana pendidikan anak sebgaimana dilansir dari laman CekAja.com:

1. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah satu produk yang pasti berbeda dengan tabungan pendidikan. Di dalam salah satu jenis produk keuangan ini, cara pencairannya lebih disesuaikan dengan keperluan Anda. Contohnya, Anda memilih satu program asuransi pendidikan dengan premi selama 15 tahun. Asumsinya adalah cair pada ketika si buah hati lulus dari SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.

Baca juga: Perubahan Regulasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Nah di luar waktu-waktu tersebugt, maka asuransi tidak bisa dicairkan sesuai dengan nominalnya, kecuali jika Anda meninggal dunia. Atau jika dicairkan maka akan dikenakan potongan biaya yang nominalnya sudah pasti besar.

Jadi, bila memang Anda menghendaki produk keuangan yang bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang untuk pendidikan anak, maka Anda dapat mencoba produk asuransi pendidikan.

Tetapi harus diingat bahwa dalam asuransi pendidikan, Anda harus membayar preminya pada setiap bulan jika ingin merasakan kegunaannya secara penuh.

2. Investasi reksadana

Bagi Anda yang memerlukankan dana dalam jangka panjang, contohnya untuk persiapan anak ketika masuk kuliah di perguruan tinggi, dapat memilih untuk menitipkankan dana Anda di produk investasi reksadana. Disini Anda dapat memperoleh imbal hasil yang tentu lebih baik dari deposito.

Untuk Anda yang mempunyai modal kecil, Anda juga dapat mengawalinya dengan dana pertama hanya Rp100.000. Dan untuk produknya, Anda mungkin dapat memilih reksadana campuran. Jadi, Dana Anda akan dialokasikan ke beberapa produk investasi yang berbeda.

Biasanya produk dan program investasi yang dialokasikan akan sangat bervariasi. Ada yang mempunyai risiko tinggi dan ada juga risiko rendah. Tetapi pas dengan prinsip investasi, yaitu high risk high return.

Anda juga dapat memilih pasar uang, pasar saham dan bisa juga obligasi untuk reksadana campuran Anda. Namun jika Anda menghendaki imbal hasil yang tidak besar besar namun aman, bisa jadi Anda dapat memilih deposito dan juga obligasi sebagai kanal investasinya di reksadana.

3. Deposito

Cara jitu mempersiapkan dana pendidikan anak selanjutnya adalah deposito. Deposito adalah satu program simpanan di bank yang penyetoran ataupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu. Bila dana yang disimpan lalu diambil sebelum tiba waktunya, maka akan dikenakan denda penalti.

Semakin lama dan juga semakin besar Anda menyimpan dana dalam bentuk deposito tersebut, maka akan makin besar pula bunga yang disodorkan. Tetapi bila Anda hanya mempunyai dana yang tdak begitu besar, ada baiknya Anda lebih memilih skema bunga deposito yang di-roll over-kan ke pokok. Sehingga, nilai pokok deposito yang Anda punyai akan makin bertambah. Dan bunganya pun akan bertambah juga. Jadi seperti bunga berbunga.

4. Tabungan rencana

Tabungan rencana tidaklah seperti tabungan biasa. Jika tabungan biasa cuma menawarkan bunga kurang dari 2 persen, maka tabungan rencana bisa memberikan sodoran bunga sampai melebihi 3 persen.

ecuali itu, tabungan rencana mempunyai selang waktu menabung antara 1-20 tahun. Ada fasilitas autodebet yang pasti akan menyebabkan Anda secara otomatis akan menyisihkan dana.

Kekurangan atau kelemahan dari tabungan rencana adalah bunganya yang masih ternyata jauh di bawah rata-rata inflasi biaya pendidikan. Hal ini berarti, Anda harus menabung dengan jumlah yang besar agar bisa melawan inflasi.

5. Emas

Cara jitu mempersiapkan dana pendidikan anak yang terakhir adalah emas. Investasi emas dapat diawali dengan modal yang minim. Harga emas batangan per gram berada hanya pada kisaran Rp650.000. Untuk mempermudah, Anda pun dapat membelinya lewat tabungan emas yang sudah disediakan oleh PT Pegadaian maupun PT Antam.

Baca juga: Program Beasiswa Santri Berprestasi

Program Tabungan Emas oleh Pegadaian memungkinkan Anda melakukan investasi emas dengan modal hanya ribuan rupiah. Tetapi, ingat bahwa Anda juga harus melakukan penyesuaian besar investasi dengan selang waktu investasi supaya mencukupi atau paling tidak dapat memperingan biaya pendidikan pada masa yang akan datang.

Bagaimana? Ternyata tidak sukar bukan untuk menyedaan dana pendidikan buah hati ANda? Untuk membuatnya makin mudah.

Demikian Berita Madrasah seputar artikel 5 Cara jitu mempersiapkan dana pendidikan anak melalui Asuransi Pendidikan, Investasi reksadana, Deposito, Tabungan rencana, dan Tabungan Emas.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Jitu Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel